Reporter : Izzudin 119 Selasa, 23 April 2024

TP PKK dan IKWI Jakbar Gelar Seminar Pencegahan Stunting Anak

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Wartawan Infonesia (IKWI) Jakbar menggelar seminar dengan mengusung tema 'Peran masyarakat dalam pencegahan stunting terhadap anak' yang diikuti 250 peserta di Ruang Ali Sadikin Kantor Wali Kota setempat, Selasa (23/4).

Ketua TP PKK Jakarta Barat, Lisniawati Uus Kuswanto mengatakan kegiatan seminar diselanggarakan IKWI Koordinatoriat Jakarta Barat bekerjasama dengan TP PKK dan PWI Koordinatoriat Jakarta Barat bersama Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan Organisasi Wanita lainnya.

"Saya mengapresiasi diselenggarakannya  seminar ini karena turut membantu pemerintah dalam upaya merefresh kembali pengetahuan para kader-kader TP PKK dan peserta lainnya untuk penurunan angka stunting pada anak di Jakarta Barat," ujarnya. 

Diungkapkan Lisniawati, saat ini angka kasus stunting pada anak di Jakarta Barat masih terbilang cukup tinggi, yaitu 14,9 persen. Padahal sesuai harapan pemerintah angka kasus stunting dapat menjadi 14 persen. 

Lisniawati menambahkan, pada dua tahun terakhir, TP PKK Jakarta Barat sudah berusaha semaksimal mungkin dengan bekerjasama dengan Suku Dinas Kesehatan, stakeholder lainnya serta mengandeng CSR telah terus berusaha menurunkan angka stunting dengan mengencarkan pemberian makanan gizi tambahan pada anak indikasi stunting dan monitoring perkembangan kesehatan. 

"Dari saat ini 14,9 persen kasus stunting di Jakarta Barat, maka tahun 2024 TP PKK Jakbar menargetkan turun menjadi 14,1 persen," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua IKWI Koordinatoriat Jakarta Barat, Kestimona Sinaga menjelaskan untuk peserta seminar diselengarakan satu hari dan diikuti sebanyak 250 peserta terdiri dari kader TP PKK Jakarta Barat, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan Organisasi Wanita serta Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jakarta Barat.

"Dengan seminar ini diharapkan dapat membantu pemerintah menurunkan angka kasus stunting di Jakarta Barat hingga ke depan anak anak di Jakarta Barat lebih sehat dan sejahtera," tandasnya. 

Sebagai informasi, seminar stunting menghadirkan narasumber yaitu, Dosen Tetap Ilmu Kesehatan Universitas Tarumanegara, dr. Herwanto, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Sudin Kesehatan Jakarta Barat, dr. Asri Yunita, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerikan Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi dan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekoligi RSUD Kalideres, dr. Sang Arifianto Fajar Adi Kusuma. (Izu)

-->