Reporter : H.Ahmad Mujahid 183 Jumat, 01 Desember 2023

Sudis SDA Jakbar Perbaiki Turap Saluran PHB Galunggung Cengkareng Timur

Satuan petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudis SDA) Jakarta Barat memperbaiki turap saluran penghubung (Phb) Jalan Galunggung, kawasan RSUD Cengkareng, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng.

Menurut Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Cengkareng, John Tarigan, pengerjaan perbaikan turap saluran Phb di lokasi tersebut dimulai akhir Oktober 2023 lalu. Lebar saluran Phb yang turapnya diperbaiki sekitar empat meter dan dilakukan pada sisi kanan-kiri dengan panjang sekitar 164 meter.

"Perbaikan turap saluran di lokasi tersebut karena turapnya sudah pada longsor. Akibatnya tanah masuk ke saluran yang membuat jadi dangkal," jelasnya, Jumat (1/12). "Saat ini pengerjaan sudah mencapai 50 persen dan diperkirakan rampung akhir Desember.”

Untuk perbaikan turap setinggi dua meter menggunakan material batu kali dan dikerjakan oleh sepuluh petugas. Selain perbaikan turap, juga dilakukan pengerukan lumpur sedalam satu meter dengan ekskavator.

Ia menambahkan, dengan diperbaikinya turap serta pengerukan lumpur saluran, saat hujan dapat menampung lebih banyak air dan mengalir lancar ke saluran rumah pompa Rusun Cengkareng yang mengalir ke Kali Cengkareng Drain. (Aji)

-->