Reporter : H.Ahmad Mujahid 231 Senin, 16 Oktober 2023

Pembangunan Rumah Pompa Kebon Raya Capai 70 Persen

Progress pembangunan rumah pompa di Jalan Kebon Raya, Kelurahan Duri Kepa Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat hampir mencapai 70 persen. Sedang pembangunan rumah pompa di Jalan Patra, Kelurahan Duri Kepa baru sekitar 40 persen.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan, pembangunan rumah pompa di wilayah Kelurahan Duri Kepa itu dimulai sekitar akhir Juli dan awal Agustus 2023. 

"Kebon Raya lebih dulu dari pada Patra, selisih dua Mingguan. Jadi, beda dua Minggu lebih cepat untuk Kebon Raya, progressnya sudah hampir 70 persen. Kalau Patra sekitar 40an persen," sebut Purwanti, Senin (16/10).

Lebih lanjut diungkapkan, untuk pembangunan rumah pompa Patra saat ini masih proses penggalian buat kolam olakan, untuk sheetpile-nya sudah terpancang semua.

"Jadi, tinggal bikin buat kolam olakannya sama bikin untuk pondasi gedungnya. Kalau Kebon Raya sudah naik batanya, bangunannya sudah kelihatan (berdiri). Target rampung keduanya 15-20 Desember 2023," jelas Purwanti.

Sekadar informasi, tahun ini Sudis SDA Jakarta Barat menambah kapasitas pompa di rumah pompa Patra dan Kebon Raya. Rumah pompa Kebon Raya ditambah satu unit pompa dengan kapasitas 1.000 liter per detik. Penambahan kapasitas pompa di dua lokasi tersebut diikuti pembangunan rumah pompa baru.

Sebelumnya, di rumah pompa Kebon Raya sudah ada empat unit pompa dengan tiga pompa kapasitas 500 liter per detik dan satu pompa kapasitas 100 liter per detik, totalnya 1.600 liter per detik. Tahun ini dibangun lagi rumah pompa di sebelah rumah pompa yang lama (sisi Kali Sekertaris) dengan kapasitas 1.000 liter per detik.Jadi, nantiny total kapasitas bertambah menjadi 2.600 liter/detik.

Selain itu, di rumah pompa Patra juga akan ditambah satu unit pompa dengan kapasitas 1.000 liter per detik dengan rumah pompanya sendiri. Sebelumnya di Rumah Pompa Patra sudah ada empat pompa kapasitas masing-masing 1.000 liter per detik. Jadi, jumlahnya 4.000 liter per detik. Tahun ini ditambah satu unit pompa dengan kapasitas 1.000 liter per detik. 

Diharapkan, penambahan kapasitas pompa air di rumah pompa Patra dan Kebon Raya bisa mendukung upaya antisipasi genangan atau banjir di kawasan Jalan Patra-Jalan Kebon Raya, Duri Kepa dan sekitaranya. (Aji)

-->