Reporter : H.Ahmad Mujahid 46 Minggu, 15 Oktober 2023

Ratusan Personel Gabungan Bersih-bersih Kawasan CNI di Kembangan

Sebanyak 120 personel gabungan terdiri dari PPSU, Sudis SDA, Bina Marga, LH, Tamhut, Gulkarmat, Satpol PP, Sudis Perhubungan Jakarta Barat melaksanakan kerja bakti membersihkan kawasan CNI, Sentra Primer Barat di Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/10) pagi. 

Bersih-bersih yang dilakukan antara lain pengangkutan sampah, penopingan pohon dan menyemprot serta menyikat trotoar sepanjang kawasan CNI. Aksi tersebut menerjunkan satu unit armada Damkar Sudis Gulkarmat, dua truk Tamhut, beberapa armada Sudis SDA Jakbar.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, yang monitor langsung di lokasi menjelaskan kerja bakti bersih-bersih tersebut dalam rangka penataan kawasan atau lingkungan agar tertata, indah, rapi, hijau, tertib dan nyaman.

“Kegiatan ini untuk menciptakan kawasan yang bersih, rapi dan tertata,” jelas Uus didampingi Seko Indra Patrianto.  

Ia juga meminta pot-pot tanaman yang rusak segera diangkut dan diganti dengan yang baru, begitu juga dengan tanaman hias yang kering atau kurang bagus agar diganti dengan tanaman yang baru serta melakukan penyiraman rutin agar tidak mati. Mengingat saat ini masih musim kemarau yang rawan terhadap tumbuhan/atau pohon kekeringan air.

Sedang kepada koordinator pedagang di kawasan tersebut, Uus mengingatkan agar tidak lagi menambah jumlah pedagang serta memprioritaskan kebersihan dan ketertiban lingkungan. Bagi yang tidak tertib agar ditindak.

“Saya tegaskan, jangan tambah pedagang lagi. Koordinator jaga kebersihan dan ketertiban, pasang terpal, jangan buang limbah minyak sisa ke jalan yang bikin kotor, atur jam atau waktunya. UMKM lakukan pembinaan,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Kembangan, Joko Suparno menyebut kegiatan tersebut mengerahkan sekitar 120 peersonel gabungan.

“Kurang lebih 120 personel gabungan dari PPSU, Sudis SDA, Bina Marga, LH, Tamhut, Gulkarmat, Satpol PP Jakbar dan lainnya. Kegiatannya antara lain bersih-bersih kanstin, perapihan pohon/tanaman, penyemprotan serta menyikat trotoar dan sebagainya,” ujarnya. (Aji)

 

-->