Reporter : H.Ahmad Mujahid 153 Sabtu, 07 Oktober 2023

Satgas Sudis SDA Jakbar Kuras Saluran di Jl Utama Raya Cengkareng Barat

Belasan Satgas Sudis Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat menguras saluran air di Jalan Utama Raya, depan Pasar Ganefo, RT 01/01 Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng. 

"Pengurasan dilakukan karena lumpurnya sudah cukup padat. Selain itu jalan tersebut juga masuk penilaian titik Adipura wilayah Kecamatan Cengkareng, jadi sekalian dilakukan pembenahan," tutur Kasudis SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, Sabtu (7/10). 

Dikatakan, lebar saluran air yang dikuras di lokasi tersebut sekitar satu meter, tinggi 80 sentimeter dan panjang sekitar 100 meter. Pengurasan melibatkan sebanyak 12 personel Satgas SDA Jakbar.

Purwanti mengungkapkan, pengurasan dalam rangka normalisasi saluràn tersebut dilakukan sejak Kamis (5/10) lalu. Pengerjaan dilakukan dengan cara manual, yakni mengeruk lumpur sedalam 30 sentimeter dan dimasukkan ke dalam karung.

Pengurasan diperkirakan selesai Senin depan. Diharapkan setelah dikuras dan dinormalisasi, selain kawasan tersebut lebih tertata, rapi, bersih dan nyaman. 

"Selain itu daya tampung air di saluran lebih banyak sehingga air mengalir lancar dan lokasi sekitar terbebas dari genangan," pungkasnya. (Aji)

-->