Reporter : H.Ahmad Mujahid 43 Rabu, 04 Oktober 2023

Sudis SDA Jakbar Bangun Saluran Baru di Jl Lingkar Luar Barat

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudis SDA) Jakarta Barat membangun saluran air baru di sisi kiri Jalan Lingkar Luar Barat, wilayah RW 10 Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng. 

Kasudis SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, menyebut pembuatan saluran air baru di lokasi tersebut dilakukan sepanjang 204 meter, dari depan Mal Taman Palem hingga Kantor KPP Pratama Jakarta Cengkareng. 

Dikatakan, pembuatan saluran air baru di kawasan tersebut dalam rangka penanganan titik-titik jalan rawan genangan. 

"Selama ini di lokasi tersebut belum ada saluran air, sehingga saat musim hujan jalanan sering  tergenang," ujar Purwanti, Rabu (4/10). 

Lebih lanjut diungkapkan, pembuatan saluran baru di lokasi tersebut dilakukan sejak 25 Agustus 2023 lalu. Selain mengerahkan sebanyak sepuluh personel PJLP Sudis SDA Jakbar, pengerjaan menerjunkan satu unit eksavator. Adapun material saluran menggunakan U-turn ukuran tinggi 80 sentimeter dan lebar 60 sentimeter. 

Purwanti menambahkan, pembuatan saluran baru tersebut tindaklanjut atas permintaan warga melalui Musrenbang tahun 2022. Saat ini pengerjaan yang dilakukan antara lain pembongkaran sebagian tanah yang ditutup dengan beton coran menggunakan mesin stamper. 

"Untuk pengerjaan sebagian sudah ada yang selesai. Untuk progres keseluruhan diperkirakan selesai dua bulan ke depan. Dengan adanya saluran air diharapkan saat hujan kawasan tersebut bebas dari genangan dan arus lalu lintas tidak tersendat," pungkasnya. (Aji)

-->