Reporter : Wahyu CP 81 Senin, 02 Oktober 2023

Pemkot Jakbar Maksimal Tingkatkan Lakukan Pembenahan Kebersihan Lingkungan

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat berupaya maksimal melakukan pembenahan sekaligus meningkatkan kualitas pada program Peningkatan Kinerja Pengelolaan Sampah (PKPS) Tahun 2023. Peningkatan lebih pada pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan. 

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Achmad Hariadi mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan instansi terkait untuk menata kembali, membersihkan, sekaligus meningkatkan kualitas kebersihan di wilayah Jakarta Barat. 

Diketahui, ada 78 titik lokasi program PKPS, yang tersebar di delapan wilayah kecamatan di Jakarta Barat. Titik terbanyak PKPS Tahun 2023 berada di wilayah Kecamatan Kalideres, Cengkareng, Kembangan, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk dan Palmerah.

"Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti PD Pasar Jaya dalam pengelolaan sampah pasar. Kami hadir melakukan pembinaan tentang pemilahan sampah. Di mana, para pedagang pasar tidak salah memasukkan jenis sampah pada tong pemilah sampah. Karena ini menjadi salah satu penilaian," ujarnya. 

Selain itu, Sudis Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Sudis Pertamanan dan Hutan Kota melakukan peneduhan lingkungan pasar.

"Jadi yang dinilai bukan hanya pemilahan sampah, tapi juga keteduhan pasar. Kami telah berkoordinasi dengan Sudis Pertamanan untuk melakukan penanaman pohon pada lingkungan pasar," tuturnya. 

Sudis LH Jakarta Barat juga melakukan peningkatan kualitas pada sejumlah titik PKPS. Satu diantaranya, meningkatkan kualitas ekosistem saluran terbuka kawasan Sentra Primer Barat, Kembangan Jakarta Barat. 

Berkolaborasi dengan Komunitas Eco Enzyme Nusantara, pihaknya menuangkan eco enzyme pada saluran terbuka. Eco enzyme adalah cairan hasil fermentasi tiga komponen, yaitu air, gula, dan bahan organik atau sampah organik.

"Salah satu peningkatan kualitas air dengan menuangkan eco enzyme. Karena eco enzyme ini merupakan bakteri probiotik yang nantinya berkembang dan bereaksi. Salah satu indikatornya adalah adanya ekosistem di dalamnya, seperti ikan dan hewan lainnya. Komunitas ini akan rutin setiap minggu menuangkan eco enzyme pada saluran terbuka di kawasan Sentra Primer Barat," jelasnya. (why) 

 

-->