Reporter : Wahyu CP 94 Kamis, 15 September 2022

125 Siswa SMA & SMK se-Jakbar Ikuti Pemantapan Kader Bela Negara

Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat menggelar webinar tentang pemantapan kader bela negara, Kamis  (15/9). Kegiatan ini diikuti kurang lebih 125 siswa SMA dan SMK se-Jakarta Barat. 

"Wawasan dan semangat kebangsaan harus terus ditanamkan kepada para pelahar yang notabene generasi penerus bangsa, yang mana di usia mereka rentan terhadap pengaruh orang lain atau negara lain yang ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa," kata Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri, sesaat membuka webinar "pemantapan kader bela negara". 

Taufan melanjutkan, dirinya berpesan kepada para siswa untuk menyiapkan diri sebagai pribadi  yang berkarakter baik. Sehingga, ke depan dapat memberikan kontribusi yang baik kepada negara dan bangsa. 

"Harapan kami apa yang sudah diberikan nanti oleh para narasumber berkompeten bisa terserap dengan maksimal para siswa. Dengan begitu mereka dapat bersama-sama menjaga keutuhan negara republik Indonesia yang lebih kondusif dan aman," ujarnya. 

Sebelumnya, Kepala Suban Kesbangpol Jakarta Barat, Muh. Matsani mengatakan, kegiatan webinar tentang pemantapan kader bela negara diikuti kurang lebih 125 siswa SMA dan SMK se-Jakarta Barat. 

Lebih lanjut, dikatakan Matsani, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran bela negara dalam upaya menambah pengetahuan, memiliki tekad, sikap dan perilaku serta menjunjung rasa nasionalis sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. 

"Kegiatan ini juga dalam rangka membentuk karakter generasi penerus yang ulet, tangguh dan berwawasan kebangsaan  serta memiliki kesadara bela negara dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa," jelasnya. 

Webinar pemantapan kader bela negara diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber yakni, Kasubit Bela Negara Ditjen Pulpom Kemendagri, Fredy Neno, Konsultan Hukum dan  HAM, Dr. Nieke Masruchiyah dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat, Sumardi. (why)