Reporter : Wahyu CP 486 Kamis, 20 Januari 2022

Ibu-ibu RW 02 Kalianyar Praktik Penanganan Gas Bocor

Sejumlah petugas Damkar Kecamatan Tambora memberikan sosialisasi penanganan gas bocor di permukiman warga RW 02, Kelurahan Kalianyar, Kamis (20/01). Sosialisasi diikuti belasan ibu rumah tangga. 

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Kalianyar, H.Teddy Martadilla mengatakan, sosialisasi penanganan gas bocor dilatarbelakangi peristiwa ledakan tabung gas yang pernah terjadi di lingkungan RW 02 Kelurahan Kalianyar. 

Guna mencegah terjadinya peristiwa tersebut, warga RW 02, terutama ibu rumah tangga, sepakat mengundang petugas pemadam kebakaran sektor Kecamatan Tambora untuk memberikan sosialisasi penanganan gas bocor. 

"Sosialisasi sangat bermanfaat buat warga Kalianyar. Karena sudah terjadi peristiwa yang tidak diinginkan yang mengakibatkan korban jiwa," tuturnya. 

Melalui kegiatan ini, lanjut Teddy, warga dapat mengetahui secara teknik penanganan gas bocor. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya potensi peristiwa tersebut. "RW 01 dan 02 sudah terjadwal sosialisasi. RW lainnya tinggal menunggu giliran," paparnya. 

Sementara itu, para ibu rumah tangga RW 02 Kelurahan Kalianyar nampak antusias dan semangat mengikuti sosialisasi penanganan gas bocor. Mereka mendapatkan arahan dan teknik penanganan gas bocor dari petugas Damkar Kecamatan Tambora.  

"Alhamdulillah, pada berani praktik yang tadinya takut-takut, akhirnya pada semangat," tutur Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Kalianyar, Pujowati. 

Selain warga RW 02, sosialisasi penanganan gas bocor akan dilaksanakan pada RW lainnya di wilayah Kalianyar. "Sudah 2 RW, rencana 9 RW lainnya berlangsung pada bulan ini (januari) dan Februari,"tambahnya. (why)   

-->