Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat membuka layanan jemput bola Administrasi Kependudukan (Adminduk) buat penyintas kebakaran di Pos RW 03 Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Selasa (10/6).
Lurah Krukut, Ilham Nurkarim menjelaskan bahwa pasca kebakaran, pihaknya berkoordinasi dengan Sudis Dukcapil Jakarta Barat melakukan layanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk) di lokasi kebakaran RW 03 Kelurahan Krukut.
Layanan ini digelar, lanjut Ilham, untuk memudahkan para penyintas kebakaran mengurus dokumen yang hilang atau hangus terbakar. Warga tinggal mendatangi posko layanan Adminduk yang dibuka di Pos RW 03 Kelurahan Krukut.
"Hari ini kita buka layanan dengan langsung mencetak dokumen adminduk bagi penyintas kebakaran," ujarnya.
Di lokasi yang sama, Kasektor Dukcapil Kelurahan Krukut, Eko mengatakan bahwa layanan jemput bola Adminduk mulai dibuka Selasa (10/6) hari ini, pasca kebakaran yang melanda permukiman warga RW 03 Kelurahan Krukut.
"Kami melayani adminduk berupa KTP el, Kartu Keluarga (KK), Kartu Indentitas Anak (KIA) dan akta kelahiran," ujarnya.
Sejak kali pertama layanan dibuka, lanjut Eko, tercatat 76 warga telah mengajukan permohonan layanan adminduk dengan rincian 27 akta kelahiran, 1 akta kematian, 7 KIA, 14 Kartu Keluarga (KK), dan 27 KTP.
"Warga bisa langsung mendatangi pos layanan Adminduk. Bagi datanya tidak ada, warga bisa meminta bantuan dari lurah, RT, dan RW. Nanti kelurahan akan mengeluarkan surat keterangan terkait data adminduk warga yang hilang atau hangus terbakar," ujarnya.
Lebih lanjut Eko menjelaskan, layanan yang dibuka mulai 08-00 hinga 15.00 WIB akan digelar selama tiga hari ke depan. Pihaknya mengimbau kepada warga yang terdampak kebakaran agar segera mengurus berkas adminduk pada posko layanan adminduk.
"Semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat buat warga terdampak musibah kebakaran," tambahnya. (why)