Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta membentuk tim/regu yang bertugas melakukan pencarian terhadap lima orang yang dilaporkan hilang pada peristiwa kebakaran di Pusat Perbelanjaan Glodok Plaza, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (16/1).
"Kita buat regu-regu., setiap regu empat petugas. Ada delapan personel Damkar yang ditugaskan khusus melakukan pencarian korban yang kemarin terdata," ujar Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifuddin, saat ditemui di lokasi kebakaran.
Berdasarkan laporan yang didata, lanjut Syarifuddin, ada lima orang yang dilaporkan hilang oleh keluarganya sejak pukul 03.00. Mereka adalah Aulia (29), Delima (25), Deri (25), NN (perempuan) dan Aldrina (29).
Orang hilang kali pertama dilaporkan keluarganya sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka melaporkan anggota keluarganya yang bekerja di Glodok Plaza, tak ada kabar atau informasi.
"Keluarganya datang sekitar pukul 03.00, bahwa ada seorang wanita sampai sekarang belum ada. (Wanita) itu kasir di salah satu diskotik yang sampai sekarang belum ada kabarnya," ujarnya.
Tadi pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, Syarifuddin memperoleh informasi kembali orang hilang dari salah seorang keluarga. "Barusan, ada seorang pria yang melaporkan ada empat temannya yang belum kembali ke rumah," tuturnya.
Syarifuddin menambahkan proses pencarian orang hilang ini dilakukan bersamaan dengan proses pendinginan pada gedung yang terbakar tersebut.
Sementara itu, Kepala Seksi Darurat dan Penanganan Pengungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Wardoyo mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sebanyak 15 personil dalam penanganan bencana kebakaran di Glodok Plaza.
Selain itu, lanjut Wardoyo, pihak BPBD DKI Jakarta juga mendirikan posko serta palang hitam dan ambulans di lokasi.
"Kita juga menyiapkan palang hitam, mudah-mudahan tidak terpakai. Namun, kita tetap bersiaga. Posko sudah dibangun, termasuk papan pengumuman dalam memberikan pelayanan masyarakat,"jelasnya. (why)