page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Donor Darah di GOR Kalideres Diikuti Ratusan Peserta

13 Oktober 2021
| | |
|
  CETAK
Donor Darah di GOR Kalideres Diikuti Ratusan Peserta

PMI Jakarta Barat kolaborasi dengan FKDM Kecamatan Kalideres dan RangeR mengadakan kegiatan donor darah, di GOR Kalideres, Rabu (13/10).

Dihadiri Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi, donor menargetkan sekitar 300 kantong darah. “Saya apresiasi, atas nama PMI terima kasih terselenggaranya kegiatan donor darah ini. Semata-mata buat keselamatan nyawa manusia,” ujar Rustam didampingi Kasuban Kesbangpol Jakbar Mohammad Matsani.

Lebih lanjut diungkapkan, kebutuhan darah di PMI DKI per hari sekitar 1.000-1.200 kantong per hari. “Diperisiapkan untuk rumah sakit, rumah bersalin yang memerlukan darah. Bukan hanya di Jakarta tapi juga sekitarnya. Jadi, harus kita pastikan itu ada, berarti setiap hari kita harus berupaya mencari pendonor-pendonor supaya mencapai angka 1.000-1.200,” jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambungnya, dilakukan langkah-langkah pendekatan dengan para pimpinan-pimpinan SKPD/UKPD, ormas, pihak swasta dan lainnya. “Pola-pola seperti ini harus dikembangkan. Sehingga kami tidak hanya menunggu di kantor PMI atau UTD (unit tranfusi darah) saja. Tapi harus kerjasama dengan komunitas-komunitas masyarakat, supaya setiap hari 1.000-1.200 itu bisa terpenuhi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengimbau warga yang membutuhkan darah bisa mendatangi kantor PMI tingkat kota. “Bagi masyarakat yang butuh darah tidak harus ke kantor PMI DKI di Jaklan Kramat Raya, bisa ke PMI wilayah kota. Ini untuk memudahkan dan mempercepat,” kata Rustam. (Aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo