page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Ayo Borong Produk UMKM di Bazar Virtual Jabfest 2021

18 September 2021
| | |
|
  CETAK
Ayo Borong Produk UMKM di Bazar Virtual Jabfest 2021

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (PPKUKM) Jakarta Barat kembali menggelar bazar virtual Jakpreneur Barat Festival (Jabfest) pada tanggal 20-24 September 2021. Kegiatan ini diikuti 98 peserta dari para jakpreneur binaan Sudis PPKUKM, PAPP, Nakertrans dan Energi, Sosial, Parekraf dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Kepala Sudis PPKUKM Jakarta Barat, Nuraini Sylviana Darwis mengatakan, bazar virtual Jabfest 2021 digelar untuk menstimulus kegiatan pemasaran pelaku UMKM agar meningkat selama masa PPKM, sekaligus membudayakan penggunaan produk lokal UMKM.

Bazar virtual diikuti 98 peserta jakpreneur binaan lima UKPD yakni Sudis PPKUKM, Sudis Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP), Sudis Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi), Sudis Sosial, Sudis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). 

Kegiatan yang digelar pada 20-24 September 2021, ini memasarkan banyak produk unggulan UMKM yang telah dikurasi oleh tenaga profesional di bidangnya. "Produk unggulan yang dipasarkan terdiri dari makanan dan minuman, kerajinan dan fashion. Kegiatan ini non anggaran atau tidak dibiayai APBD. Pelaku UMKM yang tergabung dalam kegiatan ini juga tidak dipungut biaya apapun," tuturnya. 

Nuraini Sylviana menjelaskan, penyelenggaraan bazar virtual tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jabfest tahun 2021 tidak memakai google site, tapi menggunakan platform Tokopedia dengan nama toko Jabfestofficial. Selain itu, pemesanan juga dilakukan secara pre-order (PO). Pemesanan dimulai pada tanggal 20-23 September dan pengiriman dilakukan pada tanggal 23-24 September 2021. 

Produk yang telah dipesan, lanjut Nuraini Sylviana, akan dikirim menggunakan jasa Go-Send dan Grab Express. Sehingga dapat dipastikan produk sampai kepada pembeli dalam waktu beberapa jam saja. "Soft launching bazar dilakukan dengan live shoping di platform Tokopedia," tukasnya.

Ia mengharapkan adanya dukungan dari masyarakat, khususnya aparatur sipil negara Pemprov DKI Jakarta, dalam penyelenggaraan bazar virtual tersebut. Caranya membeli produk unggulan para pelaku UMKM. "Dengan begitu kita bisa menjadi pahlawan UMKM Jakarta Barat, dan secara tidak langsung berkontribusi untuk membangkitkan UMKM yang ada di Jakarta Barat."pungkasnya. (why) 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo