page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Seko Jakbar: Keluarga Adalah Lembaga Pendidikan Non Formal Pertama

14 September 2021
| | |
|
  CETAK
Seko Jakbar: Keluarga Adalah Lembaga Pendidikan Non Formal Pertama

Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah membuka secara daring (online) pengembangan wawasan keagamaan Islam bagi anggota Korpri Kota Jakbar dari Ruang Rapat Walikota Jakbar, Selasa (14/9). Kegiatan ini diisi dengan tausiah oleh ustadzah Siti Husniaty. 

Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah mengatakan, ada dua kata kunci pada tema yang diangkat dalam kegiatan pengembangan wawasan keagamaan Islam bagi anggota Korpri Jakarta Barat. Dua kata tersebut adalah pendidikan keluarga dan etos kerja. 

Kedua kata kunci ini sangat mempengaruhi para pegawai di lingkungan Pemkot Jakarta Barat dalam menjalani tugas. "Sebagai umat Islam, kita tentunya bekerja sesuai tugas dan fungsinya, kita bekerja terikat dengan aturan-aturan atau regulasi," tutur Iin. 

Sebagai aparatur pemerintahan tentunya dituntut berkinerja yang dapat memberikan dampak dan manfaat buat masyarakat. "Kita menilai, bagaimana mendidik diri kita. Mendidik keluarga kita. Karena kita ketahui keluarga adalah lembaga pendidik non formal pertama." tuturnya. 

Dalam lembaga pendidikan non formal tersebut, orangtua dituntut memberikan pendidikan yang baik buat anaknya, mental maupun akhlak. Dengan mendidik secara baik maka anak akan memberikan contoh buat lingkungannya. 

Sekretaris Kota Jakarta Barat meyakini bahwa bekal pendidikan yang baik mulai dari lingkungan pendidikan keluarga akan berdampak pada etos kerja. Semakin baik etos kerja maka  memberikan manfaat yang baik buat masyarakat selaras dengan tuntunan agama Islam. 

"Intinya, bekerja itu ibadah. Ketika kerja itu sebagai ladang ibadah maka itu terkait dengan kehidupan. Kita hidup ada kontraknya. Pernahkah kita berpikir, manfaat bekerja. Bukan bekerja untuk absensi, bukan sekadar menjalani perintah/tugas atau mengisi laporan tugas. Adakah manfaatnya itu buat bekal dimasyarakat." jelasnya. 

Melalui kegiatan ini, ia berharap para pegawai dapat memanfaatkan waktu dalam bekerja. "Insya Allah, bila diperhatikan dengan baik-baik akan mendapatkan manfaat. Tausiah yang disampaikan ustadzah Siti diharapkan, mampu membawa perubahan yang lebih baik pada lingkungan keluarga," tambahnya. 

Pengembangan wawasan keagamaan Islam diisi dengan tausiah yang disampaikan ustadzah Siti Husniaty tentang optimalisasi pendidikan dan etos kerja, terutama pendidikan agama sejak dini.(why) 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo