page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Jakpreneur Binaan KPKP Jakbar Dapat Pelatihan Olahan Hasil Peternakan

13 September 2021
| | |
Y
|
  CETAK
Jakpreneur Binaan KPKP Jakbar Dapat Pelatihan Olahan Hasil Peternakan

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudis KPKP) Jakarta Barat menggelar pelatihan olahan hasil peternakan bagi Jakpreneur atau pelaku usaha, di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kembangan, Jalan Kembangan Raya No 76, Senin (13/9) siang.

Kasudis KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, mengatakan kegiatan tersebut bagian dari pendampingan kewirausahaan terpadu atau Jakpreneur bagi peserta binaan Sudis KPKP Jakbar tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, 13-16 September 2021, dan pesertanya berasal dari delapan kecamatan se Jakarta Barat. 

“Di mana setiap harinya dibagi dua sesi, pagi dan siang. Hari ini kita mulai tadi pagi di Kelurahan Tangki, dan sesi kedua di kantor BPP Kembangan. Setiap sesi diikuti 25 peserta. Jadi, total hingga hari Kamis sebanyak 200 peserta. Sebagai upaya capaian pelatihan untuk Jakpreuner P2 dari binaan Sudis KPKP Jakarta Barat,” jelas Iwan.

Ia menambahkan, setelah pelatihan olahan hasil peternakan pihaknya akan menggelar pelatihan olahan hasil pertanian dan selanjutnya hasil perikanan. “Tujuan kegiatan ini sebagai pendampingan dalam pelatihan untuk kewirausahaan Jakpreneur binaan Sudis KPKP Jakarta Barat. Diharapkan, pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi Jakpreneur untuk berusaha sesuai bidang masing masing, peternakan, perikanan dan pertanian,” katanya.  

Sementara itu salah satu peserta, Ati (48), mengaku senang bisa ikut pelatihan. Menurutnya, menu olahan dalam pelatihan sangat mudah untuk dipraktikan. Selain untuk dikonsumsi sendiri bisa juga untuk dijual, seperti frozen food atau makanan beku dan lainnya. Ia juga mengaku baru kali ini ikut pelatihan olahan hasil peternakan.

“Saya baru belajar di sini. Kalau untuk dijual di sekitar rumah olahan ini menarik sekali. Praktiknya juga mudah, tadi saya sudah coba. Untuk selanjutnya saya ingin ikut pengolahan dari ikan,” tutur warga RT 03/07 Kelurahan Srengseng Kecamatan Kembangan. “Harapannya warga lebih tahu lagi olahan-olahan yang lain, olahan ikan, ayam, daging, sayur dan lainnya.” (Aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo