page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Suku Dinas SDA Jakbar Bangun Kolam Olakan di Carina Sayang

13 September 2021
| | |
|
  CETAK
Suku Dinas SDA Jakbar Bangun Kolam Olakan di Carina Sayang

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat membangun kolam olakan di Carina Sayang, Jalan Kacang Tanah, RW 10, Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng. Kolam olakan dibuat seluas 7x3 meter persegi dengan kedalaman 3 meter. 

Kepala Seksi Sistem Pengendali Banjir Air Baku Bersih dan Air Limbah Suku Dinas SDA Jakbar, Wawan Kurniawan mengatakan, pihaknya membangun kolam olakan untuk saluran penghubung Klingkit dalam upaya mengantisipasi genangan saat musim penghujan di lingkungan RW 10, Rawa Buaya. 

Kolam olakan dibangun seluas 7x3 meter persegi dengan kedalaman 3 meter. Di kerjakan sejak tanggal 6 Agustus dengan melibatkan puluhan petugas dan alat berat. "Saat ini progres pembangunan sudah 50%. Mudah-mudahan cepat selesai sebelum musim hujan,"tuturnya. 

Selain di Carina Sayang, kolam olakan juga dibangun di Jalan H.Djairi, RW 02 Kelurahan Rawa Buaya. Sudis SDA Jakarta Barat membangunnya di lahan milik warga yang telah dihibahkan. "Kolam olakan ini juga dibangun dengan luas 7x3 meter, kedalaman 3 meter. Fungsinya menampung genangan dari saluran penghubung," tuturnya. 

Ia menambahkan, Sudis SDA Jakarta Barat akan menempatkan dua pompa portabel di dua lokasi kolam olakan. Pompa tersebut nantinya bekerja menyedot luapan air hujan menuju kali angke. 

Sekadar diketahui, Pemkot Jakarta Barat gencar membangun kolam olakan yang tersebar di sejumlah titik rawan genangan di Jakarta Barat. Salah satu kolam olakan yang selasai dikerjakan di wilayah Green Garden. "Kolam olakan rampung sejak akhir Desember 2020. Saat ini sedang proses pemagaran BRC,"tutur Kepala Seksi Sistem Pengendali Banjir Air Baku Bersih dan Air Limbah Suku Dinas SDA Jakbar, Wawan Kurniawan.(why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo