page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

1000 Anak PAUD Ikuti Lomba Mewarnai se-Jakarta Barat

03 Mei 2021
| | |
|
  CETAK
1000 Anak PAUD Ikuti Lomba Mewarnai se-Jakarta Barat

Bunda PAUD DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis membuka lomba mewarnai gambar yang diselenggarakan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Jakarta Barat, Senin (3/5). Lomba yang digelar secara daring (online) diikuti kurang lebih 1000 anak-anak PAUD-TK se-Jakarta Barat. 

Bunda PAUD DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis mengaku senang melihat ekspresi anak-anak PAUD yang mengikuti lomba mewarnai gambar dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. "Tentunya saya senang dan bersyukur bahwa pagi yang penuh berkah serta diberikan kekuatan dan kesehatan dapat menyaksikan keceriaan anak-anak," tuturnya. 

Menurut Bunda PAUD DKI Jakarta, pendidikan di Jakarta harus berkualias dan bergerak memberikan kemerdekaan belajar. Tenaga pendidik pun dituntut untuk terus berinovasi agar dapat menjaga semangat belajar anak didik. 

Ia pun memberikan apresiasi kepada para orangtua yang selalu sabar menemani anak-anaknya belajar secara daring meski tak mudah. "Saya mengutip sambutan gubernur DKI Jakarta dalam acara peringatan hari pendidikan nasional, yakni anak seperti bibit unggul yang membutuhkan tanah subur. Namun tanah subur saja tidaklah cukup, bibit juga membutuhkan iklim yang sehat," ujarnya. 

Terkait lomba mewarnai, Feri Farhati Ganis mengimbau kepada orangtua murid untuk mendampingi dan melihat kemampuan anak. "Untuk lomba ini biarkan anak-anak mengekpresikan apa yang mereka bayangkan, walaupun tidak sesuai dengan harapan orang tua. Yang terpenting adalah proses," imbuhnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta menyambut baik dan mendukung kegiatan lomba mewarnai untuk anak PAUD-TK tingkat Jakarta Barat, yang melibatkan kurang lebih 1000 peserta. 

Sejumlah pakar telah menganalisis bila kegiatan ini memiliki banyak manfaat, medis dan psikis. Salah satunya, menghilangkan stres karena mengasah kreatifitas pikiran agar tidak pikun. Untuk anak-anak, lomba mewarnai dapat mendorong mereka secara kognitif, psikologis dan motorik. 

Ia berharap, kegiatan yang diikuti anak-anak usia dini nantinya dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan. Semoga mereka dapat mengekspresikan dirinya melalui mewarnai gambar. Bisa menikmatinya dan gembira. 

Sementara itu Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah mengharapkan bahwa ini akan menjadi kenangan terindah bagi anak-anak. Dari kenangan itu bisa mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Menjadi anak yang berhasil, cerdas dan berkualitas. 
 
"Melalui tema merdeka belajar kita wujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan berkarakter. Mudah-mudahan apa yang dilakukan seluruh pihak yang bekerja keras dengan kegiatan ini menjadikan hari ini bisa sukses dan lancar," tambah Iin yang didamping Bunda PAUD Jakarta Barat, Lisnawati.  

Sementara itu Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia PGRI, Nur Sriyati menambahkan lomba mewarnai virtual ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak meski secara daring.(why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo