page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Wakil Walikota Jakbar Mengajak Kaum Milenial untuk Donor Darah

07 April 2021
| | |
|
  CETAK
Wakil Walikota Jakbar Mengajak Kaum Milenial untuk Donor Darah

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengajak masyarakat melakukan donor darah. Karena kegiatan ini bermanfaat untuk kesehatan pendonor dan aman dilakukan di masa pandemi covid-19. 

"Memang ada rasa kekhawatiran masyarakat di saat pandemi. Sehingga perlu sosialisasi dan pemahaman semua pihak bahwa kegiatan donor darah bermanfaat dan aman digelar pada masa pandemi asalkan menerapkan protokol kesehatan," tutur Yani Wahyu, saat menghadiri kegiatan donor darah yang diprakarsai Forum RT RW se-Jakarta Barat di Aula Gedung Yayasan Al Huda, tepatnya samping kantor Kecamatan Cengkareng, Rabu (7/4) pagi. 

Kegiatan donor darah dihadiri anggota DPR RI, H. Kamrussamad, Ketua PMI Jakarta, Rustam Effendi, Ketua PMI Jakarta Barat, H. Baharuddin, Camat Cengkareng, Ahmad Faqih, Lurah Cengkareng Barat, Raden Ilham, dan Ketua Forum RT RW Jakarta Barat, Casli Sutisna.

Yani Wahyu Purwoko melanjutkan, kegiatan donor darah bermanfaat bagi kesehatan. Menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat lainnya adalah ladang amal dan ibadah. Karena membantu orang yang sangat membutuhkan darah. 

Dalam kesempatan itu, ia mengajak masyarakat, terutama kaum milenial, untuk mengikuti kegiatan donor darah. "Saya mengajak kaum milenial untuk menjadi super hero dengan mengikuti donor darah. Kegiatan yang diprakarsai forum RT RW ini patut kita dukung sehingga bisa menjadi contoh dan diikuti elemen masyarakat lainnya," tutur Yani. 

Ketua PMI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan bahwa Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta aktif mengadakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan semua unsur, baik pemerintah, swasta, lembaga masyarakat, tokoh agama dan sebagainya. 

Gencarnya kegiatan itu dilakukan lantaran PMI Jakarta bertanggung jawab dalam hal penyediaan kebutuhan darah. "Donor darah tidak boleh berhenti. Karena PMI membutuhkan ketersediaan darah antara 1000-1200 kantong darah/hari untuk mensuplai kebutuhan darah di rumah sakit. Bila berhenti, maka suplai darah ke rumah sakit akan berkurang," tutur mantan Walikota Jakarta Barat. 

Ia pun memberikan apresiasi kepada Forum RT RW se-Jakarta Barat yang turut membantu PMI dengan mengadakan kegiatan donor darah. Setidaknya ini bisa dilaksanakan secara rutin atau bisa melakukan kegiatan ini pada forum RT RW tingkat kecamatan.

Sementara itu Ketua Forum RT RW se-Jakarta Barat, Casli Sutisna mengatakan, kegiatan donor darah diikuti kurang lebih 300 peserta. Umumnya para pengurus RT dan RW serta tokoh masyarakat. Kegiatan ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan. (why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo