page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Walikota Jakbar Terima Penghargaan dari Kementerian Kesehatan

07 April 2021
| | |
Y
|
  CETAK
Walikota Jakbar Terima Penghargaan dari Kementerian Kesehatan

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam pencapaian Eliminasi Kusta dan Eradikasi Frambusia, di Ruang Siwabessy, Lantai 2, Gedung Prof. Sujudi, Kementerian Kesehatan, Rabu (7/4) pagi. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. "Alhamdulillah, penghargaan ini terkait peran pemerintah kota dan kabupaten yang bisa membawa wilayahnya terbebas dari penyakit kusta dan eradikasi frambusia," ujar Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto yang didampingi Kepala Sudis Kesehatan, Kristi Wathini.  

Menurutnya, penyakit kusta dan frambusia (sejenis penyakit kulit) terjadi pada masa lalu. Penyakit menular itu timbul akibat faktor lingkungan yang tidak sehat. Meski masih terjadi, namun wilayah Jakarta Barat mampu menangani penyakit tersebut. 

Melalui penghargaan ini, Uus Kuswanto berharap menjadi motivasi kepada jajarannya, terutama Sudis Kesehatan, untuk selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjaga lingkungan bersih dan sehat. 

"Dengan menerapkan PHBS dan menjaga lingkungan maka tidak menimbulkan adanya penyakit, termasuk penyakit menular seperti kusta," tambahnya. 

Seperti diketahui bersama, dalam dokumen rencana kerja pemerintah tahun 2020-2024, pemerintah telah menetapkan Eliminasi Kusta sebagai Indikator Kinerja Program (IKP) dan Eradikasi Frambusia sebagai Indikator Kinerja Output (IKO). 

Dalam kurun waktu tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, menetapkan target capaian provinsi/kabupaten/kota yang mencapai eliminasi kusta dan eradikasi frambusia. 

Tahun 2020, pemerintah telah menetapkan 1 provinsi yakni Sulawesi Selatan, atas capaian eliminasi kusta dan tahun 2021 terdapat 8 kabupaten/kota yang mencapai eradikasi frambusia, satu diantaranya Jakarta Barat. 7 kabupaten/kota lainnya adalah Bengkulu, Cilegon, Serang, Salatiga, Kendal, Blitar, dan Madiun. (why)  




 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo