page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Puluhan Anggota TNI AD Ikuti Donor Darah di Markas PMI Jakbar

22 Februari 2021
| | |
Y
|
  CETAK
Puluhan Anggota TNI AD Ikuti Donor Darah di Markas PMI Jakbar

Puluhan anggota Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ASN, PPSU Kelurahan Wijaya Kusuma dan Jelambar Baru serta sejumlah elemen masyarakat mendatangi markas PMI Jakarta Barat, Senin (22/2). Mereka datang untuk melaksanakan kegiatan donor darah yang diprakarsai Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta. 

Informasi yang diperoleh menyebutkan, kegiatan kemanusiaan ini dilaksanakan secara bertahap di lima wilayah DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Tahap pertama 20-21 Februari 2021 berlangsung di PMI Jakarta Timur, tahap kedua 22 Februari 2021 di PMI Jakarta Barat, tahap ketiga 23 Februari 2021 di PMI Jakarta Utara, tahap empat 24 Februari di PMI Jakarta Pusat, tahap lima 25-26 Februari 2021 di PMI Jakarta Selatan dan tahap enam 27 Februari di PMI Kep. Seribu. 

Senator DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu PMI DKI Jakarta dalam hal pemenuhan stok darah yang mengalami penurunan di masa pandemi covid-19. Sementara kebutuhan darah di masyarakat cenderung meningkat.

Atas dasar itu, mantan None Jakarta era 80-an ini tergerak hatinya untuk mengadakan serangkaian kegiatan kemanusian, seperti donor darah dan pembagian sembako di wilayah DKI Jakarta. 

“Kegiatan donor darah ditengah pandemi COVID-19 merupakan kegiatan yang mulia dan luhur, penuh tantangan, untuk itu kuncinya ada di kemauan beserta protokol kesehatan yang dipersiapkan bagi pendonor maupun petugas,” tutur Sylviana Murni.

Ia menilai kegiatan kemanusiaan ini menjadi momen yang sangat baik untuk memberikan informasi sekaligus motivasi kepada masyarakat bahwa donor darah aman dilakukan saat pandemi covid-19 asalkan menerapkan prosedur protokol kesehatan.

Sementara itu Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi memberikan apresiasi terhadap kegiatan sosial. Karena kegiatan ini sangat membantu PMI dalam ketersediaan kebutuhan darah.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada para pendonor atas partisipasi dan niat ikhlasnya membantu sesama meski dalam situasi pandemi saat ini," ujar pria yang pernah menjabat Walikota Jakarta Barat.

Ia berharap kegiatan sosial ini bisa rutin dilaksanakan dan terlaksana dengan menggandeng semua elemen masyarakat. Karena kegiatan PMI bukan sekadar donor darah melainkan kegiatan sosial lainnya, seperti layanan logistik dan dapur umum untuk bencana serta kegiatan penanganan pencegahan covid-19.

Kegiatan donor darah yang berlangsung di Markas PMI Jakarta Barat diikuti kurang lebih 100 pendonor. Peserta donor darah meliputi, kurang lebih 30 personil Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, aparatur sipil negara (ASN), PPSU Kelurahan Wijaya Kusuma dan Jelambar Baru, Damkar, PKK dan masyarakat.

Mereka yang mengikuti donor darah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. "Calon pendonor harus di-skrinning kesehatan terlebih dahulu. Wajib pakai masker dan jaga jarak," tutur Ketua PMI Jakarta Barat, H. Baharuddin. (why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo