page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Kampung Pancasila akan Dibentuk di Tanjung Duren Utara

25 Januari 2021
| | |
|
  CETAK
Kampung Pancasila akan Dibentuk di Tanjung Duren Utara

Lingkungan RW 05 Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, akan dibentuk Kampung Pancasila. Tujuannya, untuk mengembalikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.  

“Kampung Pancasila akan dibentuk di RW 05 dengan tujuan untuk mengembalikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga ini akan membangun moralitas masyarakat,” tutur Lurah Tanjung Duren Utara, Iskandar.

Iskandar memaparkan, pihaknya tengah bersinergi dengan jajaran Koramil Grogol Petamburan untuk menyiapkan kegiatan dan sosialisasi pembentukan kampung pancasila yang nantinya digelar di masyarakat. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat seperti Kodim 0503/JB, Danramil Grogol, pengurus RW dan RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi massa dan sebagainya.  

Sekadar diketahui, Desa Balun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menjadi pilot percontohan Kampung Pancasila. Desa ini disebut Kampung Pancasila karena memiliki nilai toleransi agama yang tinggi. Itu terlihat dari kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan beragama. Desa Balun terdapat tiga penganut agama yakni Islam, Kristen dan Hindu.

 Kerukunan hidup beragama juga ditunjukkan dengan berdirinya masing-masing tempat ibadah yang jaraknya berdekatan. Meski dalam satu kawasan, namun mereka tetap menghargai masing-masing agama. Selain tempat ibadah, masyarakat Kampung Pancasila juga saling tolong menolong, dan bergotong royong dalam kegiatan beragama. Letak tempat ibadah yang dekat membuat mereka turut membantu acara keagamaan umat lain. (why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo