page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

15 Warga Terjaring Operasi Tibmask di Jalan Pangeran Jayakarta

25 Januari 2021
| | |
|
  CETAK
15 Warga Terjaring Operasi Tibmask di Jalan Pangeran Jayakarta

Sebanyak 15 warga terjaring operasi tertib masker (Tibmask) di Jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Pinangsia, Senin (25/1) pagi. Mereka yang terjaring dikenakan sanksi sosial.  

Lurah Pinangsia, Bing Selamet mengatakan, operasi tertib masker yang melibatkan petugas gabungan dari unsur tiga pilar Kelurahan Pinangsia, rutin dilaksanakan di wilayah Kelurahan Pinangsia.

Kegiatan ini didasari aturan yang tertuang dalam Pergub No.3 Tahun 2021, yang merupakan tindak lanjut pelaksanaan peraturan daerah tentang penanggulangan covid-19. 

Pergub No.3 Tahun 2021 berisi 70 pasal yang mengatur sejumlah ketentuan, mulai dari standar masker hingga pengaturan fasilitas umum dan tempat usaha, serta sanksi.

Bing Selamet memaparkan, pelaksanaan operasi tertib masker menyasar lokasi-lokasi keramaian, seperti jalan, terminal, pasar, dan titik-titik kerumunan. "Kami berharap gencarnya operasi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memakai masker saat di luar rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona," paparnya.

Dalam pelaksanaan operasi tertib maskert di Jalan Pangeran Jayakarta, petugas berhasil menjaring 15 warga yang tidak memakai masker. Umumnya pelanggar adalah pengendara roda dua. 

Dari jumlah tersebut, 12 pelanggar dikenakan sanksi kerja sosial, sedangkan 3 pelanggar lainnya dikenakan sanksi denda administrasi. Total denda administrasi berjumlah Rp 650 ribu yang disetorkan ke kas daerah.  

Sementara mereka yang terkena sanksi kerja sosial mendapatkan ganjaran membersihkan sampah di sepanjang ruas Jalan Pangeran Jayakarta. Penerapan sanksi sosial diawasi langsung petugas satpol PP.  "Kami memberikan sanksi sosial agar menimbulkan efek jera bagi pelanggar untuk mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19." tambahnya. (why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo