page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Sudin KPKP Jakbar Periksa Sampel Pangan di Pasar Tomang Barat

02 Februari 2017
| | |
|
  CETAK
Sudin KPKP Jakbar Periksa Sampel Pangan di Pasar Tomang Barat

Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat melakukan pemeriksaan sejumlah sampel kebutuhan pangan di Pasar Tomang Barat, Kecamatan Grogol Petamburan, Kamis (2/2) pagi. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui adanya unsur zat kimia seperti pestisida, formalin dan lainnya.

Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Sudin KPKP Jakbar, Sri Riana Hanim, mengatakan pihaknya telah mengambil sejumlah sampel kebutuhan pangan dari pedagang di Pasar Tomang Barat. "Kami sudah mengambil sebanyak 19 sampel pertanian, enam sampel perikanan, dan 12 sampel peternakan. Sampel kebutuhan pangan ini langsung di uji pada mobil laboratorium Dinas KPKP DKI Jakarta," jelasnya.

lebih lanjut dikatakan, pemeriksaan dilakukan untuk melihat adanya unsur penggunaan zat kimia berbahaya, seperti formalin dan pestisida. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan zat kimia, Sudin KPKP Jakbar akan memberikan sanksi berupa teguran kepada pedagang. "Kalau ada zat formalin, kami akan menegur pedagang dan menelusuri dari mana asal mula kebutuhan pangan itu diperoleh," tandasnya.

Ia menambahkan, kegiatan pemeriksaan kebutuhan pangan dilaksanakan di 21 pasar wilayah DKI. Kegiatan ini juga sekaligus pengoperasian perdana kendaraan uji laboratorium Dinas KPKP DKI di wilayah Jakarta. "Sekalian pengoperasian mobil laboratorium yang baru launching beberapa hari lalu. Jakarta Barat mendapatkan enam mobil uji labaoratorium," sebutnya. (why/aji)


client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo