page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Ratusan Pesilat Jakbar Ikuti Donor Darah dengan Penerapan Protokol Kesehatan

19 September 2020
| | |
|
  CETAK
Ratusan Pesilat Jakbar Ikuti Donor Darah dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Ratusan pesilat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jakarta Barat melakukan donor darah di Aula Masjid Assahara, komplek kantor Walikota Jakarta Barat, Sabtu (19/9). Kegiatan kemanusiaan ini berlangsung dengan penerapan ketat protokol kesehatan. 

Kegiatan donor darah yang digelar IPSI Jakarta Barat kerjasama dengan PMI Jakarta dihadiri oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, H.Amin Haji, Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, Ketua IPSI DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan serta Ketua PMI Jakarta Barat, H. Baharuddin serta pengurus IPSI Jakarta Barat.

"Atas nama Pemkot Jakarta Barat, kami memberikan apresiasi kepada IPSI Jakarta Barat bekerjasama dengan PMI Jakarta yang telah menggelar kegiatan kemanusiaan ini ditengah wabah COVID-19," ujar H. Amin Haji, Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat, saat dihubungi via HP. 

Menurutnya, kegiatan donor darah ini tetap diperbolehkan dan aman dilakuan pada masa pandemi COVID-19 asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak. 

Kegiatan donor darah ini juga sangat dibutuhkan PMI Jakarta dalam upaya pemenuhan stok darah. Itu dilakukan mengingat ketersediaan stok darah mengalami penurunan pada masa pandemi corona. 

"Kami berharap, apa yang dilakukan IPSI bisa diikuti elemen masyarakat lainnya. Kami mengajak semua  stakeholder, termasuk organisasi masyarakat untuk turut memanfaatkan moment dan aman dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Pemkot Jakarta Barat sangat mendukung bentuk kegiatan ini," jelasnya. 

Ketua IPSI DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan menjelaskan bahwa IPSI DKI Jakarta telah menandatangi kesepakatan kerjasama dengan PMI Jakarta untuk menggelar kegiatan donor darah di lima wilayah DKI Jakarta. 

Untuk kegiatan donor darah IPSI Jakarta Barat, lanjut mantan Sekda DKI Jakarta, diikuti kurang lebih 150 pesilat. Mereka mendonorkan darahnya dengan penerapan protokol kesehatan. "Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Jakarta Barat yang telah mendukung sekaligus  memfasilitasinya. Karena kegiatan ini nantinya akan dilakukan pada wilayah lain." tuturnya. 

Sementara itu Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan bahwa pihaknya menggelar kegiatan donor darah bekerjasama dengan IPSI Jakarta dalam rangka memperingati HUT ke-75 PMI. 

Kegiatan donor darah ini sangat dibutuhkan PMI dalam hal ketersediaan stok darah untuk rumah sakit di Jakarta. "Ada sekitar 190 rumah sakit di Jakarta yang membutuhkan 1000 kantong darah per hari. Supaya gak krisis darah, kita cari di luar, kerjasama dengan pemerintah atau organisasi masyarakat, dia yang mengkoordinir lalu kita datangi agar bisa atasi persediaan darah," jelasnya. 

Ia menambahkan bahwa belakangan ini pasokan kantong darah mulaikembali normal. Sehingga ketersediaan darah ini nantinya bisa memenuhi permintaan dari rumah sakit untuk lima hari ke depan. (why)


client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo