Reporter : Wahyu CP 105 Senin, 28 November 2022

Penataan Kawasan Kampung Kumbang Berkelir Pegadungan Capai 90 Persen

Pemkot Jakarta Barat melakukan penataan kawasan di kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres tepatnya di Kampung Kumbang Berkelir  RT 005 RW 01 dan RT 006 RW 08, Kelurahan Pegadungan, sudah mencapai 90%. Sementara 10% sisanya menunggu kontribusi dari sejumlah SKPD terkait. 

"Hampir selesai, pak. Progress penataan kawasan Kampung Kumbang sudah mencapai 90%. Sisanya, 10 % untuk melengkapi kekurangannya," kata Lurah Pegadungan, Adith Pratama, Senin (28/11) siang. 

Sisa 10% tersebut, lanjut Adith, lebih pada koordinasi dan kontribusi sejumlah unit SKPD terkait. Misalnya, penyediaan hidroponik dari satpel KPKP Kecamatan Kalideres, belum ada Surat Keputusan (SK) loksem UMKM, dan penanaman pohon pelindung jenis tabebuya dari sudis pertamanan dan kehutanan, serta sosialisasi pencegahan antisipasi bencana kebakaran oleh sudin gulkarmat Jakarta Barat. 

Sebelumnya, kelurahan Pegadungan bersama unsur empat pilar menggelar kegiatan bersih-bersih di lokasi penataan kawasan Pegadungan yakni Kampung Kumbang RT 005 RW 01 dan RT 006 RW 08. 

Kegiatan kerja bakti yang berlangsung pada Minggu (27/11) pagi, melihatkan semua elemen masyarakat, seperti Camat Palmerah, Naman Setiawan, bersama jajarannya, Lurah Pegadungan, Adith Pratama, bersama jajarannya, anggota Babhinkamtibmas dan Babinsa Kalideres, PPSU, Sudis SDA, Tamhut, Bina Marga, FKDM, LMK, serta pengurus RT dan RW setempat. 

"Kami mengerahkan petugas gabungan untuk kegiatan penataan kawasan di Jalan Kumbang. Masing-masing mendapatkan tugas sesuai tugasnya. Ada yang menanam pohon, menguras lumpur saluran penghubung, pengecatan, penopingan pohon serta pengaspalan jalan setapak di permukiman warga," ujar Camat Kalideres, Naman Setiawan.

Naman menjelaskan, kegiatan kerja bakti ini dilakukan dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, rapih dan tertata. Kegiatan ini juga menindaklanjuti instruksi Pj Gubernur DKI tentang program penataan kawasan. 

"Penataan kawasan Kampung Kumbang Berkelir ini mendekat 100 %. Masyarakat diimbau untuk merawat dan menjaga kampung ini agar tetap bersih, dan rapih," tambahnya. (why)