Reporter : H.Ahmad Mujahid 422 Senin, 28 November 2022

Pemkot Jakbar Sediakan Vaksin Booster 2 Untuk Lansia

Vaksin booster kedua di Jakarta Barat untuk lansia usia 60 tahun ke atas saat ini sudah tersedia di fasilitas kesehatan (faskes).

Kasudis Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari, mengatakan warga bisa mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan booster 2.

"Kami pastikan sudah tersedia di puskesmas dan sentra vaksin mobile," ujar Erizon, Senin (28/11).

Lebih lanjut dijelaskan, selain di puskesmas kecamatan dan kelurahan, vaksin booster 2 juga tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah Jakarta Barat. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan jenis vaksin dan berapa dosis yang telah tersedia di Jakarta Barat.

Erizon berharap seluruh warga Jakarta Barat khususnya lansia mengikuti program vaksin booster tahap dua untuk menekan dan mencegah penyebaran Covid-19. 

Sebelumnya, sekitar 25 ribu lebih tenaga kesehatan (Nakes) di Jakarta Barat sudah menerima vaksin booster kedua. Mereka terdiri atas perawat hingga dokter yang bertugas di rumah sakit, klinik maupun puskesmas yang ada di Jakarta Barat. 

Nakes menjadi pihak pertama yang menerima vaksin booster tahap dua karena sudah lebih dahulu mendapatkan vaksin  booster dosis satu. Selain itu, nakes dianggap sebagai pihak yang rentan terpapar Covid-19, karena harus melayani masyarakat di rumah sakit dan faskes lainnya. (Aji)