Reporter : Wahyu CP 80 Senin, 19 September 2022

PMI Jakbar Distribusikan Bantuan Logistik Korban Kebakaran Kapuk

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat mendistribusikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak kebakaran di Jl H. Alimin (Gg masjid) RT 11/3, Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Bantuan logistik didistribusikan di salah satu titik lokasi pengungsian di TK Daarut Taqwa. 

Ketua Palang Merah Jakarta Barat, Beky Mardani mengatakan, bantuan logistik yang diberikan berupa 5 dus air mineral, 14 pack biskuit, 3 dus mie, 3 dus susu kemasan kotak dan 3 dus sabun antiseptik. Bantuan logistik PMI Jakarta Barat tersebut diterima Ketua RW 03 Kapuk, Muhidun, untuk selanjutnya diserahkan kepada warga yang terdampak kebakaran.

"Terimakasih atas bantuan PMI Jakarta Barat. Bantuan ini sangat dibutuhkan buat warga yang tertimpa musibah. Setelah ini, kami salurkan bantuan ini," katanya. 

Sebelumnya PMI Jakarta Barat melakukan pertolongan pertama dan evakuasi warga pada peristiwa kebakaran yang melanda permukiman Jalan H. Alimin, RT 11/3, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng. Petugas PMI Jakbar memberikan pertolongan pertama buat sejumlah warga yang mengalami luka bakar, luka lecet, luka tusuk di kaki dan sesak napas.

"Kami kerahkan 4 unit mobil ambulans bersama relawan PMI langsung saat terjadi peristiwa kebakaran di wilayah Kapuk. Mereka langsung melakukan pertolongan pertama sejumlah warga yang mengalami luka saat berusaha menyelamatkan diri dari peristiwa kebakaran," terangnya. 

Dari informasi yang diperoleh, kebakaran yang menghanguskan sebanyak 13 bangunan itu mengakibatkan 15 Kepala Keluarga atau 49 jiwa mengungsi ke sejumlah titik pengungsian. 

Sementara itu, Plt Lurah Kapuk, Boy Purba mengatakan, bantuan makanan, minuman dan kebutuhan dasar lainnya telah didistribusikan buat warga yang terdampak kebakaran. Selain dari PMI Jakbar, bantuan juga datang dari BPBD DKI Jakarta dan Sudis Sosial Jakbar. 

Bantuan dari BPBD DKI Jakarta meliputi 5 dus air mineral, 10 kaleng biskuit, 10 lembar selimut, 13 mukena, 13 sarung, 10 lembar matras, 5 paket family kit, 4 paket kidsware, serta 5 paket alat kebersihan keluarga. 

Sedangkan bantuan sosial yang telah didistribusikan meliputi, 100 nasi box, 10 lembar tiker, 12 lembar selimut, CD laki dan perempuan, 5 lembar perlak bayi,  pampers lansia dan Balita, 24 lembar handuk, 10 lembar sarung, 6 pax pembalut, dan 6 lembar selimut bayi. 

"Semua bantuan tersebut sudah didrop di titik pengungsian di yayasan pendidikan Daarut Taqwa," tambahnya. 

Diberitakan, peristiwa kebakaran melanda permukiman warga di Jalan H. Alimin, RT 11 RW 03 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (18/9) pagi.  14 bangunan terdiri dari 4 kios, 6 kontrakan, 2 toko mebel, 1 toko matrial, dan 1 rumah ludes terbakar. 

Peristiwa kebakaran mengakibatkan 15 Kepala Keluarga (KK) atau 49 jiwa mengungsi ke lokasi pengungsian sementara di Yayasan Pendidikan Daarut Taqwa. 

Menurut Sub Command Center Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, peristiwa kebakaran itu diduga berasal dari korsleting listrik yang membakar sampah serutan kayu. Api berhasil di lokalisir oleh personel Damkar Jakarta Barat sekitar pukul 10.45 WIB. (why)