Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat membuka layanan KLA Mobile di permukiman warga RW 03, Cengkareng Barat (Cengbar), Selasa (18/2)pagi. Layanan dibuka untuk membantu warga terdampak banjir yang terjadi awal tahun.
Kepala Sudis Dukcapil Jakbar, M. Rosyik mengatakan, pihaknya menyambangi salah satu kawasan rawan banjir untuk membantu warga yang dokumen kependudukan dan catatan sipilnya mengalami rusak, hilang maupun hanyut saat banjir.
Layanan masyarakat ini juga dibuka sebagai upaya mewujudkan Jakarta sebagai kota layak anak (KLA). "Pelayanan kota layak anak artinya pemerintah memberikan perhatian terhadap pemenuhan kebutuhan hak anak antara lain dokumen akta kelahiran, KIA dan penerbitan NIK," tuturnya.
Dalam layanan kependudukan di RW 03, Cengkareng Barat, Sudis Dukcapil Jakarta Barat berhasil melayani 161 dokumen kependudukan, dengan perincian 46 layanan KTP, 79 layanan KIA, 6 layanan akta kelahiran, 5 layanan kartu keluarga serta 25 layanan konsultasi. "Semua dokumen itu langsung dilayani di lokasi pelayanan,"ujar Rosyik.
Sebelumnya, Sudis Kependudukan Pencatatan Sipil Jakarta Barat, telah membuka pelayanan KLA (Kota Layak Anak) di dua wilayah kelurahan yakni RW 02 Kelurahan Rawa Buaya dan RW 03 Kelurahan Duri Kosambi. Untuk layanan KLA Mobile di wilayah RW 02, Rawa Buaya, berjumlah 224 layanan, sedangkan di RW 03, Duri Kosambi berjumlah 244 layanan. (why)
20 Mei 2024