page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Pemkot Jakbar Bedah Rumah Warga RW 08 Kedoya Utara

21 April 2017
| | |
218
|
  CETAK
Pemkot Jakbar Bedah Rumah Warga RW 08 Kedoya Utara

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan program bedah rumah warga di RT 13 RW 08, Kelurahan Kedoya Utara Kecamatan Kebon Jeruk. Untuk program tersebut, Wali Kota Jakarta Barat HM Anas Efendi secara simbolis menyerahkan uang sekitar Rp 65 juta kepada Yanto (28), pemilik rumah, Jumat (21/4) pagi.
 
Wali Kota menyebutkan, uang yang dipergunakan untuk bedah rumah berasal dari dana Badan Amil Zakat dan Sodaqoh (Bazis) Jakarta Barat senilai RP 40 juta dan bantuan donator, yakni forum RW 03 Green Garden senilai Rp 25 juta. Dijelaskan, bedah rumah merupakan salah satu program Pemprov DKI Jakarta yang akan terus berlanjut. Sasarannya adalah rumah warga yang kondisinya rusak dan memprihatinkan.

"Sebenarnya kami baru melakukan pendataan terhadap rumah warga yang mau dibedah. Nantinya, setiap rumah warga memperoleh anggaran rehab senilai Rp 20 juta. Kalau ini (bedah rumah) mendahului program tersebut, karena danannya diambil dari bantuan Bazis Jakbar dan donatur," jelasnya.

Program bedah rumah, selain kondisi fisik rumah, Pemprov DKI akan memberikan layanan gratis untuk pembuatan izin mendirikan rumah (IMB) dan sertifikat hak milik. Ketentuan lainnya, rumah yang dibedah ini tidak berada di jalur hijau, milik sendiri, dan perbaikan toilet. Pemprov DKI juga memberikan pelayanan kepada pemilik rumah yang dibedah. "Mereka juga mendapatkan layanan gratis KJP, KJS dan pemberdayaan tenaga kerja," jelasnya.

Sementara itu Camat Kebon Jeruk, Abdullah, menambahkan pihaknya telah melakukan survey terhadap rumah warga yang akan dibedah dengan melibatkan sejumlah instansi, seperti Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPR dan KP) Jakbar, Sudin Pendidikan, Sudin Kesehatan, Sudin Sosial dan lainnya. 

Dari hasil survei itu, tim bedah rumah sepakat untuk melakukan bedah rumah di RT 13/08, Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk. "Jadi ada kader kami yang mengusulkan untuk bedah rumah di RT 13/08 Kedoya Utara. Dari hasil survey itu, ternyata tim setuju untuk melakukan bedah rumah tersebut," tuturnya. (why/aji) 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo