page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Sudis PE akan Bangun Ratusan Sumur Resapan

15 Mei 2019
| | |
Y
|
  CETAK
Sudis PE akan Bangun Ratusan Sumur Resapan

Suku Dinas Perindustrian Energi Jakarta Barat akan membangun sumur resapan di wilayah Jakarta Barat. Rencananya dibangun sebanyak 248 titik sumur resapan dangkal di delapan kecamatan.

Kepala Suku Dinas Perindustrian Energi (PE) Jakarta Barat, Ery Ghazali mengatakan, semula pembangunan sumur resapan dangkal tipe screen spiral akan dibangun di 190 titik. Namun rencana ini gagal karena tidak bisa dilaksanakan.

Kemudian Suku Dinas PE Jakarta Barat kembali menganggarkan pembangunan sumur resapan dangkal beda tipe. “Dilakukan perubahan tipe sumur resapan dangkal menjadi tipe buis beton dengan perubahan volume menjadi 248 titik. Saat ini masih dalam proses lelang,”paparnya.

Ery memperkirakan, pembangunan sumur resapan tipe buis beton akan dimulai pada bulan Juni mendatang. Sementara penandatanganan kontrak kerja ditargetkan selesai bulan depan. Pihaknya tengah berkordinasi dengan pimpinan wilayah kelurahan dan kecamatan, tentang penentuan lokasi sumur resapan yang akan dibangun.

Sebagai awal pembangunan, Sudis PE Jakarta Barat telah membangun sebanyak 5 titik sumur resapan di lingkungan kantor Walikota Jakarta Barat.  “Pembangunan 5 titik sumur resapan sangat efisien. Karena dibangun menggunakan bahan krat minuman botol. Dikelola secara swadana dengan anggaran Rp 1,5 juta untuk 1 titik/lokasi sumur resapan,”jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi meminta Sudis PE Jakbar, lebih serius dalam membangun sumur resapan. Tidak boleh gagal. Karena ini menjadi salah satu program strategis Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Selain Sudis PE, Rustam juga meminta sejumlah SKPD lainnya yang memiliki program pembangunan sumur resapan, untuk segera merealisasikannya. “Kalau tidak salah, Sudis Sumber Daya Air, Sudis Kehutanan dan Sudis Perumahan juga memiliki program pembangunan sumur resapan. Saya minta data titik-titik/lokasi pembangunannya,”jelasnya.

Permintaan data pembangunan sumur resapan itu sangat penting. Selain sebagai bahan laporan ke gubernur, pembangunan sumur resapan itu harus tepat sasaran. Misalnya, dibangun pada lokasi-lokasi genangan di wilayah Jakarta Barat. “Buat sumur resapan juga harus jelas. Bisakah sumur resapan dibangun di Green Garden, Kedoya Utara, yang menjadi salah satu titik genangan di Jakbar,” tambahnya. (why)  




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo