page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

PKK & Pelajar SMK Ikuti Lomba B2SA

18 April 2019
| | |
|
  CETAK
PKK & Pelajar SMK Ikuti Lomba B2SA

Sebanyak 24 kelompok mengikuti lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal yang berlangsung di halaman parkir Hypermart Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (18/4)pagi. Lomba diikuti  PKK kelurahan (16 kelompok) dan SMK  di delapan kecamatan di Jakarta Barat.

Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi mengatakan, sesuai dengan amanat UU No 18 tahun 2012, tentang pangan merupakan hal yang penting dan strategis dalam keberlangsungan hidup manusia sehingga penyelenggaraannya dijamin negara.

Ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi. Sehingga perlu diperhatikan pola konsumsi dan keseimbangan jenis pangan yang dikonsumsi serta memenuhi standar gizi yang dianjurkan.

“Melalui lomba ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai macam menu baru yang kandungan gizi dan standar pengelolahannya lebih beragam baik bidang pertanian maupun peternakan,” jelasnya.

Ketua TP PKK Jakarta Barat, Hj. Inad Luciawati Rustam mengatakan, PKK  merupakan gerakan masyarakat yang selama ini aktif berperan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan masyarakat.

Salah satu bagian dari kemitraan ini adalah mengikuti lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan lomba olahan hasil ternak tahun 2019. “Saya berharap para kader PKK dapat mengikuti lomba ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan semua kegiatan ini yang diikuti sebagai ilmu serta membawa manfaat,”tambahnya.

Plt. Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat,  Wachyuni menjelaskan, lomba B2SA digelar dalam upaya meningkatkan pengembangan wawasan masyarakat melalui kelompok PKK dan KWT.

Lomba B2SA berbasis pangan lokal diikuti 24 kelompok, yang berasal dari PKK kelurahan sebanyak 16 kelompok dan perwakilan SMK yang tersebar di 8 lokasi kecamatan di Jakarta Barat. Selain lomba B2SA juga digelar demo masakan olahan pertanian dan peternakan dari professional chef. 

Suku Dinas KPKP Jakarta Barat telah melaksanakan kampanye gerakan makan buah dengan membagikan buah dan memakan buah bersama pada 800 siswa/wi SDN 05 dan 06 Kamal, Kalideres. “Kami juga mengadakan launching Bazaar Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) sebanyak 22 binaan yang sudah memiliki izin usaha pada tahap P4 dan pemasaran (P5). Bazar dilaksanakan selama 2 hari, 18-19 April 2019,”tambahnya.

Usai  membuka kegiatan, Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi dan Ketua TP PKK  Jakarta Barat, Inad Luciawaty Rustam mengunjungi para peserta lomba B2SA.  (why)




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo