page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

2 UP PTSP Gelar Goes To Publik

15 April 2019
| | |
|
  CETAK
2 UP PTSP Gelar Goes To Publik

UP PTSP Kecamatan Kebon Jeruk dan Palmerah berkolaborasi dengan Kantor Pelayanan Pajak dan BPJS mengadakan layanan jemput bola. Layanan jemput bola dibuka kurang lebih satu minggu, mulai 8-16 April.

Layanan masyarakat di wilayah Kebon Jeruk digelar di Kantor Aneka Kimia Raya (AKR). UP PTSP Kecamatan Kebon Jeruk menurunkan sejumlah petugas, untuk melayani permohonan pembuatan perizinan, seperti Surat Izin perpanjangan pajak, surat jaminan sosial kesehatan, surat izin usaha, SIUP, TDP, dan sebagainya.

Kehadiran layanan goes to publik ini mendapat respon dari masyarakat. Mereka mendatangi  kantor perusahaan kimia ini untuk mengurus permohonan perizinan. “Dalam seminggu ini kami hadir untuk layanan antar jemput izin berkas.  Kami berkolaborasi dengan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, puskesmas menggelar layanan di AKR Tower,”tutur H. Tatang, Kepala UP PTSP Kecamatan Kebon Jeruk,Senin (15/4)pagi.

Menurutnya, layanan jemput bola ini digelar menindaklanjuti  Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 47 tahun 2017 tentang petunjuk pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), agar lebih ditingkatkan. Karena  PTSP menjadi ujung tombak layanan masyarakat.

Layanan jemput bola ini bertujuan agar memberikan kemudahan kepada masyarakat, tanpa ada pungutan biaya alias gratis.  “Sesuai tugas dan kewenangan, kami dituntut memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. Saya pun mengimbau kepada petugas untuk tidak menerima imbalan apapun dari pemohon. Terkecuali, retribusi yang telah ditetapkan.  Itu pun melalui transaksi bank DKI Jakarta,” jelasnya.

Layanan serupa juga digelar oleh UP PTSP Palmerah keliling kampung dan pasar. Upaya ini dilakukan agar lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Saat ini, masyarakat tidak perlu harus datang ke kantor PTSP, dan tidak perlu antri. Karena kami hadir di tengah masyarakat (jemput bola). Sehingga masyarakat lebih dimudahkan untuk mengajukan proses pembuatan perizinan,” ujar Dian Damariani, Kepala UP PTSP Kecamatan Palmerah.

Sejak kali pertama digelar, lanjut Dian, masyarakat sangat merespon. Mereka mengajukan sejumlah permohonan perizinan, diantaranya surat izin perpanjangan usaha perdagangan, TDP dan surat izin kesehatan. (why)  




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo