page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Warga Kedaung Kaliangke Diminta Aktif Jadi Jumantik Mandiri

15 Maret 2019
| | |
|
  CETAK
Warga Kedaung Kaliangke Diminta Aktif Jadi Jumantik Mandiri

Warga Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat, diimbau untuk aktif melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Caranya, setiap rumah memiliki satu jumantik mandiri.

Imbauan itu diungkapkan oleh Camat Cengkareng, Ahmad Faqih bersama Kepala Bagian Kesra Jakarta Barat, Masud Effendi, saat melaksanakan gerebek PSN di wilayah RW 03, Kedaung Kaliangke, Jumat (15/3).

Menurutnya, kader jumantik bersama dasa wisma agar membudayakan PSN mandiri (self jumantik). Sehingga bisa menjadi contoh dan bekerjasama dengan warga agar mau melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) pada masing-masing rumah. Ia meminta setiap rumah terdapat satu orang jumantik mandiri. Mereka menjalankan tugas jumantik serta melaksanakan 3M Plus. “Kalau setiap rumah bebas jentik nyamuk, maka satu RT bisa bebas dari jentik nyamuk. Jika satu RT bebas jentik, bisa menjadi satu RW bebas jentik,”tuturnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Bagian Kesra Jakarta Barat, Masud Effendi yang meminta setiap rumah memiliki 1 jumantik. “Setiap rumah wajib memiliki jumantik mandiri. Mereka akan memantau minimal dua kali dalam seminggu,”ujar mantan Camat Cengkareng.

Selain jumantik mandiri, pembentukan kader jumantik juga harus dilaksanakan setiap sekolah. Karena tempat pendidikan ini menjadi salah satu dari 7 tatanan PSN. “Saya meminta kepala sekolah untuk membentuk juga kader jumantik,” ujarnya.

Pelaksanaan gerebek PSN di permukiman warga RW 03, Kedaung Kaliangke, berlangsung lancar. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi ini mendapat respon masyarakat. Mereka ikut aktif membersihkan lingkungan, terutama melaksanakan 3M.

Dalam pelaksanaannya, petugas masih menemukan adanya jentik nyamuk pada rumah warga. Dari 225 rumah yang disambangi kader jumantik, 21 rumah diantaranya dipasangi stiker merah sebagai tanda ada jentik nyamuk serta larvasidasi. “Meski tidak ada kasus DBD, angka bebas jentik (ABJ) kurang dari 95%. Sehingga kami akan terus berupaya menggerakkan warga untuk lebih aktif melaksanakan PSN,”tutur Kelly Supriyono, Lurah Kedaung Kaliangke. (why)  




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo