page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Satpol PP Diminta Giat PSN di Tempat Ibadah

18 Januari 2019
| | |
Y
|
  CETAK
Satpol PP Diminta Giat PSN di Tempat Ibadah

Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi, meminta Satpol PP membantu kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).  Setidaknya ikut terlibat membersihkan pada sejumlah tatanan PSN, seperti lingkungan tempat-tempat ibadah.

“Satpol PP dilibatkan dalam melaksanakan kebersihan lingkungan tempat ibadah. Mereka juga bisa menjalani tugas jumantik, yakni melakukan pemantauan jentik-jentik nyamuk,” ujarnya saat Gerebek PSN di wilayah Kelurahan Kapuk, Jumat (18/1)pagi.

Menurutnya, tugas Satpol PP Jakarta Barat tidak melulu melakukan penertiban saja, tapi turut membantu  kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Banyak tatanan dalam kegiatan PSN yang belum tersentuh petugas jumantik, diantaranya gedung-gedung perkantoran, apartemen, sarana ibadah dan sebagainya.

Ia pun mencontohkan, kegiatan PSN  di wilayah kelurahan Kapuk yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak dibandingkan petugas jumantik. “Bisa dibayangkan seorang petugas jumantik harus memeriksa banyak rumah warga. Maka masyarakat wajib melaksanakan PSN di rumahnya masing-masing. Satpol juga turut membantu memeriksakan tempat-tempat yang menjadi perkembangbiakan nyamuk pada  tempat ibadah. Tinggal diatur tugasnya secara bergilir,”paparnya.

Terkait hal itu, Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan, pihaknya fokus melaksanakan kegiatan PSN pada rumah warga yang sulit didatangi petugas Jumantik dan wilayah dengan angka kasus DBD tertinggi di Jakarta Barat.

Ia mengakui aparatnya kerap menemukan jentik-jentik nyamuk pada rumah warga yang semula sulit dimasuki petugas jumantik. “Kami  ada video temuan jentik-jentik nyamuk. Itu ada gambarnya,” ujar Tamo. Meski begitu, Kasatpol PP Jakarta Barat siap membantu pelaksanaan PSN pada tempat-tempat ibadah. “Kami siap menjalani perintah itu,  saat ini kami fokus pada kawasan dengan kasus DBD tertinggi di Jakarta Barat,” tambahnya. (why)




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo