page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Selain Bedah Rumah, Bazis Jakbar Punya Program KMS & Eco Masjid

16 Januari 2019
| | |
Y
|
  CETAK
Selain Bedah Rumah, Bazis Jakbar Punya Program KMS & Eco Masjid

Badan Amal Zakat Infaq dan Sedekah (Bazis) Jakarta Barat, memiliki sejumlah program pada tahun 2019.Selain Jakarta Peduli, ada dua program baru yakni  Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) dan Eco Masjid. 

"Untuk tahun 2019, selain Jakarta Peduli melalui program bedah rumah, kami juga memiliki program KMS dan Eco masjid. Program KMS nantinya tidak hanya fokus pada fisiknya, tapi juga memberdayakan manusianya," ujar Dedi Santosa, Kepala Bazis Jakarta Barat, pada peresmian bedah rumah Damin, warga Kembangan Utara, kemarin. 

Menurut Dedi, program Keluarga Mandiri Sejahtera ini nantinya lebih pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui empat komponen yakni ekonomi, 
kesehatan dan pendidikan. 

Program keluarga mandiri sejahtera ini akan melibatkan pihak ketiga serta bantuan dari aparatur kecamatan dan kelurahan dalam memetakan keluarga pra sejahtera di wilyahnya. "Nanti ada tim yang memetakan keluarga pra sejahtera pada tiap RT dan RW. Target kami ada 12 kepala keluarga yang mendapatkan program ini,"tutur Dedi. 

Selain program KMS, Bazis Jakarta Barat juga memiliki program eco masjid, yakni program pengelolaan masjid yang ramah lingkungan. Fokusnya, lebih pada pengelolaan dan konservasi air, pengendalian sampah dan pengelolaan energi. "Program ini lebih pada pengelolaan tata air di lingkungan masjid. Misalnya, 
pemanfaatan air hujan untuk bersuci (wudhu) serta buangan air wudhu yang tidak langsung terbuang ke saluran air. Dengan begitu, berarti bisa menghemat  penggunaan air," ujar Dedi. 

Ia berharap program eco masjid ini dapat menjadi masjid yang mempunyai kepedulian terhadap hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan untuk kehidupan berkelanjutan. "Program ini rencana kita terapkan pada masjid di wilayah Jakarta Barat. Target kami 1 masjid per wilayah kecamatan," tambahnya. (why)  

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo