page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

1000 Spanduk Larangan Kampanye, Anti Hoax, & SARA Dipasang di Tempat Ibadah

11 Januari 2019
| | |
Y
|
  CETAK
1000 Spanduk Larangan Kampanye, Anti Hoax, & SARA Dipasang di Tempat Ibadah

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M. Zen menghadiri launching pemasangan1000 spanduk berisi Ciptakan Kerukunan Umat Beragama pada Pemilu 2019 di Masjid Al Amanah, Wijayakusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat,Jumat (11/1) sore. Pemasangan 1000 spanduk itu dilaksanakan pada tempat-tempat ibadah, seperti masjid,gereja, vihara, dan pura diwilayah Jakarta Barat.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M. Zen mengatakan bahwa Pemkot JakartaBarat mengharapkan agar pelaksanaan pemilu Presiden dan legislatif pada 17 April 2019, berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Setidaknya harapan itu tercermin berdasarkan pengalaman berhasil menyelenggarakan Pemilukada DKI Jakarta tahun 2017. "Pengalaman pada pilgub tahun 2017, wilayah Jakarta Barat mendapat peringkat terbaikdalam teknis penyelenggaraan pilkada. Oleh karena itu, kita harus pertahankan, bahkan bisa ditingkatkan," ujarnya.

Ia juga mengharapkan agar semua elemen masyarakat, turut mensukseskan pemilu 2019. Sehingga tahapan demi tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi ini berjalan mulus, tanpa masalah. "Saat ini tahapan kampanye. Saya berharap setiap tahapan harus dikawal bersama, jangan sampai ada permasalahan dan gontok-gontokan," paparnya.

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Hengky Haryadi menjelaskan, sangat mendukung penuh komitmen bersama FKUB yang bersama-sama menjaga marwah demokrasi. Dengan adanya Pemilu 2019, ini, masyarakat harus saling menghormati perbedaan serta menyambut pesta demokrasi dengan suka cita.

Komitmen bersama ini diwujudkan dengan pemasangan spanduk di tempat-tempat ibadah  di Jakarta Barat, terdiri dari 860 Mesjid, 237 gereja, 1 Pura, dan 85 Vihara. Total ada 1183 tempat ibadah yang akan dipasang spanduk.

Ia pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menolak isu SARA dan Hoax, serta larangan berkampanye di tempat ibadah. "Karena tempat ibadah hanya untuk beribadah, dan hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan, dan dilarang keras dijadikan tempat provokatif atau penyebar isu SARA, dan isu hoax, yang kini rentan terjadi jelang Pemilu, “ tuturnya.

Sementara itu, Ketua  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Barat, H Tatang  R. Firdaus menjelaskan, pemasangan 1000 spanduk berisi Ciptakan Kerukunan Umat Beragama pada Pemilu 2019, dalam upaya mencegah tempat ibadah digunakan untuk berkampanye, issue hoax, SARA dan radikalisme.

Sehingga pesta demokrasi pada 17 April nanti berjalan dengan lancar, tertib dan aman.  "FKUB juga sepakat untuk menjaga, memelihara serta mempertahankan predikat terbaik dalam penyelenggaraan di DKI Jakarta,"ujarnya seraya menambahkan pemasangan 1000 spanduk ini dilakukan pada setiap tempat ibadah, seperti gereja,masjid, pura dan vihara.

Launching pemasangan 1000 spanduk tersebut diisi dengan pembacaan ikrar bersama dengan para tokoh agama. Hadir dalam kegiatan itu Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengky Haryadi, Dandim 0503 JB, Letkol (Kav) Andre Masengi, Ketua KPU Jakarta Barat, Cucum Sumardi, Ketua Bawaslu Jakarta Barat, H. Oding,  Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Wali Umat Budha Indonesia (Walubi), Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI), dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN). (why)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo