page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Sudis SDA Bangun Sheetpile Sepanjang 11 KM

14 Desember 2018
| | |
|
  CETAK
   Sudis SDA Bangun Sheetpile Sepanjang 11 KM

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat telah mengerjakan pembangunan sheetpile pada sejumlah saluran air atau kali selama tahun 2018.Pembangunan sheetpile dilakukan, selain menguatkan dinding turap, juga mengantisipasi genangan. 

Kepala Sudis Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Imron menjelaskan, pembangunan sheetpile dilakukan pada lima saluran air atau kali di wilayah Jakarta Barat. Kelima saluran air itu diantaranya, anak kali Ciliwung, Mangga Besar, sepanjang 900 meter dan Kali Duri sepanjang 1,8 KM untuk dua sisi. 

Pembangunan sheet pile juga dilakukan pada anak Kali Grogol dan Kali Mookevart serta terusan Kali Sekretaris. Bila dirinci, panjang pembangunan sheetpile yang telah dikerjakan Sudis SDA Jakarta Barat, kurang lebih 11 KM. "Ada lagi di Kali Grogol, panjang pembangunan sheetpile dari Pasar Pisang sampai Kemanggisan, kurang lebih 7 KM. Kali Mookervart, sisi Utara, sepanjang 600 meter. Anak Kali Sekretaris, juga sepanjang 1 KM," tutur Imron saat dihubungi, Jumat (14/12).

Untuk pembangunan sheetpile tahun 2019, Sudis SDA Jakarta Barat kembali akan membangun sheetpile pada sejumlah kali,termasuk anak Kali Ciliwung, Tamansari, yang berada di perbatasan dengan wilayah Jakarta Pusat. 

Pembangunan sheetpile dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya genangan saat musim hujan. Pada umumnya, debit air saluran air akan meningkat saat hujan deras. "Sheetpile salah satunya untuk memperkuat dinding turap, sekaligus jalan karena itu lintasan. Kemudian juga untuk mengantisipasi genangan," tambahnya. (why/aji) 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo