page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Pemkot Jakbar akan Gelar HBKB di Jl Tomang

09 Maret 2018
| | |
88
|
  CETAK
Pemkot Jakbar akan Gelar HBKB di Jl Tomang

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat akan menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di ruas Jalan Tomang Raya, Ahad (11/3) pagi. Rencananya kegiatan dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S Uno.

Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat, H Eldi Andi, mengatakan HBKB digelar dalam upaya meningkatkan kualitas udara sekaligus pengendalian pencemaran udara dengan tingkat polusi yang tinggi pada hari biasa. “HBKB juga sebagai ajang silaturrahmi dengan warga dan seluruh komponen masyarakat,” ujarnya, Jumat (9/3).

Disebutkan, kegiatan HBKB akan diisi dengan berbagai aktifitas olahraga, seperti bersepeda santai, senam, futsal dan lainnya. Ruas jalan yang dipakai untuk kegiatan HBKB adalah sisi kanan dan kiri Jalan Toman Raya dengan panjang sekitar 1 kilometer. Mulai dari perempatan lampu merah Tomang hingga jembatan Kanal Banjir Barat (KBB).

Lebih lanjut Seko menjelaskan, dasar hukum pelaksanaan HBKB di Jalan Tomang Raya adalah peraturan daerah nomor 2 tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara dan peraturan Gubernur No 119 tahun 2012 tentang pelaksanaan HBKB.

Sementara kriteria tempat pelaksanaan HBKB, di antaranya tempat pusat bisnis, perkantoran, merupakan jalan utama dan dilalui angkutan umum serta dilewati angkutan umum berbahan bakar ramah lingkungan, misalnya bus transjakarta.

Selain aktifitas olahraga, HBKB juga diisi bazar dengan 15 stan makanan dan minuman yang merupakan binaan Pemkot Jakarta Barat.  "Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berbaur dengan berolahraga," pungkas Seko. (why/aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo