page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

286 Bangunan Terbakar di Krukut Telah Didata

09 Februari 2018
| | |
134
|
  CETAK
286 Bangunan Terbakar di Krukut Telah Didata

Pendataan ratusan rumah yang terbakar di lingkungan RW 03 Kelurahan Krukut Kecamatan Tamansari Jakarta Barat telah rampung.

Total bangunan yang terbakar pada Sabtu dini hari, 27 Januari 2018 lalu mencapai 286 unit. Menurut Kepala Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) Kecamatan Tamansari, Andri Kunarso, pendataan dilakukan bersama lurah, ketua RT dan RW 03 Krukut.
 
"Satu per satu korban kebakaran RW 03 Krukut yang memiliki bangunan kami data, agar nantinya SIPPT PBB P2 (Surat Ijin Penunjukan Penggunaan Tanah Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan) 2018 yang akan didistribusikan pada pekan kedua Maret sesuai dengan nama pemilik dan alamat yang tertera," jelasnya kepada wartawan, Jumat (9/2). 

Disebutkan, total bangunan yang telah didata sebanyak 286 unit. “Dari hasil pendataan di lapangan diketahui sebagian besar dari total 286 bangunan milik warga korban kebakaran RW 03 Krukut merupakan wajib pajak (WP) yang NJOP (nilai jual obyek pajak-nya) di bawah Rp 1 miliar, sehingga tidak dikenakan pembayaran alias gratis,” ujarnya.

Diungkapkan, sebagian besar dari 286 bangunan yang terbakar di RW 03 Krukut sudah tidak bisa digunakan. Namun, sambungnya, SIPPT PBB P2 2018 yang akan diterbitkan nanti masih mencantumkan luas bangunan milik warga. "Proses pemutakhiran data PBB P2 sesuai aturan dilakukan pada awal Januari setiap tahun. Sedangkan musibah kebakaran RW 03 Krukut terjadi setelah proses penetapan PBB P2 dilakukan," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan, warga korban kebakaran Krukut yang memiliki kewajiban pembayaran PBB P2 2018 karena nilai NJOP di atas Rp 1 miliar dapat mengajukan pengurangan sesuai Peraturan Gubernur Nomor 211 Tahun 2012. Pengurangan yang diberikan maksimal 50 persen. 
 
"Korban kebakaran dapat mengajukan surat permohonan disertai foto bangunan yang terbakar. Selanjutnya, petugas pajak akan melakukan survei ke lapangan sebagai dasar penetapan keputusan pengurangan PBB P2 sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Ia menambahkan, pendataan menindaklanjuti Intruksi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada seluruh instansi terkait untuk membantu warga RW 03 Krukut dalam pengurusan berbagai dokumen penting yang musnah terbakar. (why/aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo