page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Seko Tinjau Lokasi LBS Sukabumi Utara

12 Januari 2018
| | |
170
|
  CETAK
Seko Tinjau Lokasi LBS Sukabumi Utara

Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat Eldi Andi meninjau lingkungan RW 08, Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jumat (12/1). Lokasi tersebut mewakili Provinsi DKI Jakarta pada lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat nasional. 

Peninjauan dilakukan usai senam bersama di halaman kantor Kelurahan Sukabumi Utara yang diikuti para pejabat Pemkot Jakarta Barat dan aparat wilayah setempat. Seko mengapresiasi lingkungan RW 08 Sukabumi Utara yang terpilih mewakili DKI pada lomba LBS tingkat nasional. Ia pun mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih dan sehat. 

Seko juga meminta masyarakat untuk saling membahu menjaga lingkungan. "Pemerintah juga memberikan sosialisasi tentang lingkungan bersih dan sehat. Kita bangga karena Kelurahan Sukabumi Utara ditunjuk Pemprov DKI Jakarta mewakili lomba LBS tingkat nasional. Saya mohon dukungan kita semua," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, lingkungan RW 08 Sukabumi Utara ditunjuk dalam lomba ini karena sebelumnya pernah menjadi juara II lomba LBS tingkat nasional pada tahun 2012. Ia berharap masyarakat berdoa dan berikhtiar agar Sukabumi Utara menjadi juara LBS nasional.

Sementara itu, Sri Lenita, dari Sudis Kesehatan Jakbar, menjelaskan menjaga lingkungan bersih dan sehat bisa dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dimulai dari diri sendiri.

Untuk mewujudkan itu, sambungnya, perlu penerapan pola STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang menekankan lima pilar, yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum-makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Melalui penerapan itu, pihaknya mengajak masyarakat Kelurahan Sukabumi Utara untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat. "Kita mendukung lomba LBS. Nantinya setiap kader PKK akan mendatangi sedikitnya 10 rumah warga untuk mengecek toilet dan septic tank," pungkasnya. (why/aji) 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo