page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Jumantik RW 01 Meruya Selatan Kirim Laporan Via JakWIFI

19 Nopember 2020
| | |
Y
|
  CETAK
Jumantik RW 01 Meruya Selatan Kirim Laporan Via JakWIFI

Pemanfaatan program Internet Untuk Semua – JakWIFI di Jakarta Barat semakin luas. Warga dari berbagai golongan usia kini telah mengakses wifi gratis dari Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Di lingkungan RW 01 Kelurahan Meruya Selatan Kecamatan Kembangan Jakarta Barat, selain rutin dipakai untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) anak-anak usia sekolah, kader juru pemantau jentik (Jumantik) di lingkungan RW 01 pun sering memanfaatkan JakWIFI untuk membuat dan mengirim laporan kegiatan harian.

Muhena (47), kader Jumantik RT 03/01 Meruya Selatan, mengaku sejak di wilayahnya terpasang JakWIFI, ia dan kader lainnya sering memanfaatkan internet gratis tersebut. Sekadar diketahui, titik JakWIFI di lingkungan RW 01 Meruya Selatan terpasang di dalam area sekolah RA-MI Raudlatul Mutaalimin-Masjid Jami Assaadah, Jalan Manunggal RT 05/01.

Muhena berharap, pemasangan titik JakWIFI di wilayahnya diperbanyak agar manfaatnya semakin luas. “JakWIFI sangat bermanfaat dan membantu bagi warga, khusunya kami untuk membuat dan mengirim laporan Jumantik, Posyandu, Dasawisma dan juga anak-anak sekolah. Harapannya bisa lebih banyak lagi jakWIFI di wilayah RW 01, biar semakin banyak warga yang merasakan manfaatnya,” tuturnya.

Ketua RW 01 Meruya Selatan, Nasrullah, menyambut positif pemasangan jakWIFI di lingkungannya. “Penempatan jakWIFI di RW 01 sangat dirasakan warga sekitar, baik pelajar, para ketua RT, ibu rumah tangga yang mendamping anak-anak saat ikut PJJ, kader Dasawisma, Jumantik dan lainnya,” ujarnya.
 
Untuk mendukung pemanfaatan jakWIFI, pihaknya menyiapkan tempat dan fasilitas pendukung. “Jadi, fasilitas yang diberikan Pemprov DKI ini sangat bermanfaat. Kita dari pengurus RW 01 dan RT menyiapkan tempat dan fasilitas pendukung untuk anak-anak belajar. Kita siapkan kursi, tiga saung di depan halaman dan lapangan untuk prokes pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Diungkapkan, biasanya anak-anak yang memanfaatkan jakWIFI untuk PJJ atau belajar kelompok pada pagi hari sekitar 30 siswa. JakWIFI juga dimanfaatkan para RT dan guru untuk pemberian materi PJJ. “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemprov DKI yang telah menyediakan jakWIFI di RW 01 Meruya Selatan, yang sangat dirasakan manfaatnya besar sekali bagi warga sekitar,” ujar Nasrullah. 

Sementara itu Sekretaris Lurah (Sekel) Meruya Selatan, Elvita Rahmadani Rangkuti, mengapresiasi pemasangan jakWIFI di wilayahnya. Terlebih di masa pandemi Covid-19, di mana kondisi perekonomian masyarakat terganggu. “Kondisi sekarang memang berat, jangankan untuk beli paket atau kuota internet, untuk makan saja masih agak berat. Tapi, Alhamdulillah dengan adanya jakWIFI ini sangat membantu warga RW 01 Meruya Selatan,” tuturnya.      

“Dengan adanya wifi gratis yang diberikan Pemprov DKI Jakarta ini membantu sekali untuk masyarakat, terutama terkait PJJ. Selain itu juga bagi kader Dasawisma dan Jumantik untuk membuat dan mengirim laporan kegiatan sehari-hari. Jadi, sangat membantu dan warga sangat antusias untuk memanfaatkan wifi yang ada di sini.” (Aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo