page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Pramuka Jakbar Diimbau Aktif Kampanyekan 3M

08 Agustus 2020
| | |
|
  CETAK
Pramuka Jakbar Diimbau Aktif Kampanyekan 3M

Wali Kota Jakarta Barat H Rustam Effendi mengimbau Pramuka turut andil dalam penanganan COVID-19 dan aktif mengampanyekan gerakan 3M kepada masyarakat, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.  

“Menjaga diri kita, keluarga, teman-teman, anggota Pramuka, ikut mengampanyekan kepada masyarakat gerakan melawan COVID-19. Mengajak masyarakat supaya sama-sama melindungi diri dari wabah corona. Caranya dengan 3M, sering mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak,” imbuh Rustam, saat pelantikan Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Jakarta Barat masa bakti 2019-2024, di ruang Ali Sadikin, kantor wali kota, Sabtu (8/8) pagi. Hadir Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DKI Jakarta, H Fadjar Panjaitan dan pengurus lainnya.  

Selain itu, sering dilakukan penyemprotan disinfektan untuk membunuh wabah corona. Pramuka juga diminta berkolaborasi dengan instansi dan seluruh komonen masyarakat untuk melakukan perlawanan terhadap COVID-19 dalam rangka melindungi masyarakat. “Di samping kegiatan-kegiatan kita di bidang Kepramukaan, kegiatan perlindungan kepada masyarakat terhadap wabah penyakit ini juga sangat dituntut partisipatif dari gerakan Pramuka,” tandas Rustam.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Rustam juga mengucapkan selamat kepada Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Jakarta Barat masa bakti 2019-2024. “Pelantikan hari ini berlangsung dalam bulan yang sama dengan Hari Pramuka ke-59 pada 14 Agustus 2020 nanti, dengan mengusung tema “Terdepan Bergerak”,” katanya.

“Sebagai organisasi yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki jiwa pancasila serta memiliki kecakapan hidup yang mumpuni, kita tidak boleh menyerah dengan kondisi apa pun, termasuk pandemi covid-19. Kita tidak boleh berhenti bergerak apa pun situasi dan kondisinya. Kita harus menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi untuk setiap hambatan dan tantangan yang ada,” tandasnya.

Sebagai ketua Mabicab Gerakan Pramuka Jakarta Barat, Rustam berharap pengurus dan anggota Kwarcab Jakarta Barat mampu mengemban amanah. “Mari kita bersama-sama, kita tetap hadir mendampingi seluruh Pramuka Jakarta Barat pada setiap kegiatan. Rapatkan barisan untuk tetap menjaga semangat dan harapan seluruh Pramuka Jakarta Barat,” imbuhnya. “Mari kokohkan langkah kita agar selalu mampu menjadi sandaran bagi seluruh Pramuka Jakarta Barat. Mari kita amalkan Tri Satya dan Dasa Dharma, yakni, “Pramuka itu Rela Menolong dan Tabah”. 

Dengan jumlah anggota yang cukup besar, tambah Rustam, Pramuka diharapkan selalu terdepan dalam bela negara, membantu mengatasi masalah-masalah intoleransi, ujaran kebencian, kabar bohong (hoax), perundungan (bullying), tawuran, penyalahgunaan narkoba, dan aksi kriminalitas yang melibatkan kaum muda khususnya serta masyarakat luas umumnya.

“Pemerintah Kota Jakarta Barat terus mendorong Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Barat untuk terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk kegiatan bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat di daerahnya secara berkala. Termasuk ikut dalam penanggulangan bencana,” pungkas Rustam. (Aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo