page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Rapid & Tes Swab Massal Fokus pada Mereka yang Komorbid di Kalianyar

30 Juni 2020
| | |
|
  CETAK
Rapid & Tes Swab Massal Fokus pada Mereka yang Komorbid di Kalianyar

Rapid tes dan tes swab massal berlangsung di Sekretariat RW 03 Kelurahan Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat, Selasa(30/6)pagi. Skrining kesehatan ini fokus pada mereka yang komorbid atau orang yang memiliki riwayat penyakit bawaan. 

Informasi yang diperoleh menyebutkan, pelaksanaan rapid tes dan tes swab massal ini menyasar warga empat RW yakni RW 01,03,04 dan 08. Ini menjadi rangkaian skrining kesehatan yang dilakukan tim puskesmas kelurahan Kalianyar. 

Lurah Kalianyar, Daniel Azka Alfarobi menjelaskan, pelaksanaan rapid tes dan tes swab di wilayah Kalianyar dilakukan secara bertahap. Kali pertama dilakukan di SMK Bahagia RW 04 yang diikuti kurang lebih 200 orang pada Mei 2020. 

Kemudian rapid tes dan tes swab tahap kedua berlangsung di RW 02 yang diikuti 120 orang pada 26 Juni lalu. Kini pelaksanaan rapid tes dan tes swab yang kali ketiga berlangsung di Sekretariat RW 03 Kelurahan Kalianyar. 

Pelaksanaan skrining kesehatan (rapid tes dan tes swab) berlangsung tertib dan lancar.Masyarakat terlihat antusias menjalaninya. "Warga Kalianyar cukup baik merespon tes massal gratis ini, bisa dilihat dari partisipasi warga yang antusias, bahkan mengantri sejak pagi hari,"tutur Daniel. 

Skrining kesehatan yang digelar tim puskesmas kelurahan Kalianyar difokuskan pada mereka yang komorbid atau orang yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti hipertensi, diabetes, jantung dan sebagainya. "Fokusnya tak hanya wanita hamil dan lansia, tapi lebih diutamakan yang komorbid,"jelasnya. 

Hingga berita ini diturunkan, warga yang mengikuti tes massal di Sekretariat RW 03 Kalianyar berjumlah 130 orang. Sementara target tim puskesmas kelurahan Kalianyar adalah 150 orang. "Sementara ini berjumlah 130 orang, tes masih terus berlangsung,"tambahnya. (why) 





 

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo