page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Walikota Jakbar Setuju Pembentukan Gugus Tugas COVID-19 hingga Level RT dan RW

04 April 2020
| | |
|
  CETAK
 Walikota Jakbar Setuju Pembentukan Gugus Tugas COVID-19 hingga Level RT dan RW

Gubernur DKI Jakarta,Anies R.Baswedan melaksanakan rapat terbatas melalui video conference bersama Sekretaris Daerah, Saefulloh, dan para walikota serta Bupati Kep. Seribu, terkait percepatan penanganan wabah COVID-19 di Jakarta, Sabtu (4/4)sore. Salah satu yang dibahas adalah pembentukan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 hingga tingkatan RW dan RT. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Baswedan memaparkan pembentukan gugus tugas penanganan COVID-19 harus mengacu pada tiga komponen di masyarakat. Ketiga komponen tersebut adalah kesehatan, perekonomian dan sosial. 

Ia melanjutkan, wabah COVID-19 tentunya bersentuhan langsung bidang kesehatan. Kemudian wabah COVID-19 ini juga berpengaruh pada bidang perekonomian. 

"Karena masalah ekonomi maka muncul permasalahan sosial. Nah, tiga urutan ini yang bersama-sama terjadi pada level masyarakat. Ya urusan warga, ya urusan ekonomi, ya urusan sosial,"tuturnya. 

Ia meminta kepada jajarannya untuk memikirkan secara teknis terkait persiapan pembentukan gugus tugas penanganan COVID-19 hingga tingkat kecamatan, kelurahan, RT dan RW. "Jadi yang disebutkan (asisten pemerintahan DKI jakarta) tadi itu penanganan secara teknis. Kita harus bersiap menyusun dan menjabarkan ketiga fase tersebut, terutama perekonomian dan sosial. Kalau sosial, terkait dengan bantuan-bantuan, sementara perekonomian berkaitan dengan distribusi barang," jelasnya. 

Terkait dengan pembentukan gugus tugas, Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi menjelaskan bahwa tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Jakarta Barat, baru ada pada tingkatan walikota. Belum sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan. 

Tim gugus tugas penanganan percepatan COVID-19 tingkat kota melibatkan semua unsur. "Selain unit terkait, tim gugus tugas didalamnya ada unsur organisasi kemasyarakatan, seperti PMI dan lain-lain, serta masuk unsur tiga pilar baik tingkat kota, kecamatan dan kelurahan,"jelasnya.  

Ia pun menyambut baik bila ada rencana pembentukan gugus tugas hingga level RT dan RW. "Seandainya nanti dilebarkan ini, saya sangat setuju sekali, agar gugus tugas ini dilebarkan hingga tingkatan RT dan RW,"tutur Rustam. (why)  


client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo