page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Saung Edukasi LH Dikunjungi Siswa SD dari Jaksel

06 Desember 2019
| | |
Y
|
  CETAK
Saung Edukasi LH Dikunjungi Siswa SD dari Jaksel

Sebanyak 110 siswa SDS Keenkids, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan melakukan kunjungan ke saung edukasi pengelolaan sampah, di Asrama Lingkungan Hidup, Jalan Bambu Larangan, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat.

Kunjungan mereka untuk belajar cara mengolah sampah. "Ada 110 siswa yang berkunjung ke sana. Mereka ingin mengenal dan mengetahui cara pengolahan sampah," jelas Edy Mulyanto, Kasudis Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Barat, Jumat (6/12).

Lebih lanjut dikatakan, para siswa diperkenalkan tentang pengolahan sampah mulai 3R (reuse, reduce, dan recycle), komposting, bank sampah dan sebagainya. Termasuk penggunaan maggot, serta urban farming atau pertanian perkotaan, empang gizi dan hidroponik.

Diungkapkan, pihak SDS mengetahui pengolahan sampah di asrama LH dari Youtube. Selanjutnya mereka menghubungi pihaknya untuk berkunjung sekaligus belajar pengolahan sampah. "Para siswa ini mendapatkan penjelasan dari anggota koperasi yang merupakan warga lingkungan sekitar. Mereka terlibat langsung dalam pengolahan sampah," katanya.

Ke depan lokasi wisata edukasi pengolahan sampah akan dilengkapi kantin dan galeri yang menampilkan suvenir hasil daur ulang. Di tempat tersebut juga dijual pupuk cair maupun padat hasil pengolahan sampah. "Jadi warga bisa menjual makanan di sini. Sehingga ada kegiatan ekonomi," jelas Edy. (Aji)

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo