page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Masyarakat Diminta Aktif Mengawasi Keberadaan WNA

01 Agustus 2019
| | |
|
  CETAK
Masyarakat Diminta Aktif Mengawasi Keberadaan WNA

Peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam mengawasi WargaNegara Asing (WNA).Mereka diminta melaporkan keberadaannya kepada aparat atau tim pengawas orang asing (Timpora) pada masing-masing wilayah.

“Indonesia paling subur bagi warga negara asing.Hampir sebagian dari mereka tinggal di apartemendan hotel.  Kami berharapsemua stakeholder, mulaidaritingkatanwarga, RT/RW, kelurahandankecamatan, dimintaberperansertauntukmelakukanpengawasan orang asing,”papar MT Setiawan, Kepala Kantor Imigrasi, kelas I, khusus TPI, SoekarnoHatta, pada kegiatan Rapat kordinasi Timpora dalam pengawasan orang asing pasca Pemilutahun 2019, di Hotel Samala, Cengkareng, kemarin.

Menurutnya, kegiataninimenjadiajangkordinasisertasinergidalammelakukanpengawasanwarganegaraasing di duawilayah, Cengkareng dan Kalideres.Pengawasan dilakukan agar keberadaannya tidak memiliki masalah.

Bilaadapermasalahan, Timpora Jakarta Barat akanbertindak. Ada dua tindakan yang akanditerapkan. “Tindakanpertamaterkaitpelanggaranadministrasi, yaknipencekalan, hinggadipulangkankenegaranya.Setelahitu, namanya di black list.Tindakankedua, pro justisia.Ada dua WNA India dan Pakistan yang ditindakkarenamenggunakanpasporpalsudanketeranganpalsu,”jelasnya.

Ia menerangkan, Timpora Jakarta Barat bergerak cepat melakukan operasipengawasan warga negara asing di wilayah Cengkareng dan Kalideres. Operasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini dengan target WNA yang tinggal di apartemen.

“Intinya,kegiataninibutuhkerjasamaantarlinisektordanmemastikankeberadaanmereka di Indonesia, tidakbermasalah,” tukasnya

Sementara Asisten Pemerintahan, YunusBurhan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Hal ini dilakukan dalam upaya berkordinasi dan sinergi dalam mengawasi keberadaan warga negara asing di Jakarta Barat, khususnya di wilayahCengkarengdanKalideres. “Berdasarkanpengalaman, kantong-kanongmerekaada di apartemen.Sayamintalurah, kecamatanberkordinasidenganDukcapiluntukmelakukanpengawasan orang asing,” jelasnya.

Iamenambahkan,Timporatakhanyabekerjauntukmelakukanpenindakandanpencegahanterhadapkeberadaanwarganegaraasing. Tapi, lebihpadaarahdantujuan agar keberadaanmerekamembawamanfaatbagiwargasekitar.  (why)




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo