page loader

BERITAKota Administrasi Jakarta Barat

Pemkot Jakbar Gelar Puncak HAN & HUT ke-65 IDAI

30 Juli 2019
| | |
|
  CETAK
Pemkot Jakbar Gelar Puncak HAN & HUT ke-65 IDAI

Pemkot Jakarta Barat menggelar puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 dan HUT ke-65 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di Ruang MH Thamrin, Blok B, Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa  (30/7) pagi.  Kegiatan yang sama juga serentak dilakukan di 6 wilayah termasuk Jakarta Kepulauan Seribu.

Mewakili Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi, Sekretaris Kota  Jakarta Barat, H. Eldi Andi mengatakan, suatu kehormatan  dan kebanggaan tersendiri bagi Kota Administrasi  Jakarta Barat yang diberi kepercayaan menjadi pusat kegiatan Hari Anak Nasional 2019 yang didaftarkan di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai acara pencanangan infografis bertemakan kesehatan anak terbanyak yang ditayangkan selama satu bulan penuh di Indonesia.

Ia menjelaskan, masa depan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.  Dalam pidato presiden RI terpilih telah menyampaikan visi Indonesia, yakni perubahan paradigma yang menjadi 5 sasaran prioritas program kerja terkait SDM.

Sejalan dengan itu, upaya pemenuhan kebutuhan dasar anak sejak dalam kandungan hingga lima tahun kehidupannya bertujuan untuk kelangsungan hidup anak sekaligus meningkatkan kualitas hidup anak baik fisik, mental, emosional, maupun sosial dengan potensi genetiknya untuk selanjutnya  mempersiapkan kualitas anak enam tahun hingga 18 tahun.

“Periode ini merupakan kesempatan emas, sekaligus masa-masa rentan terhadap pengaruh negatif. Jakarta Barat memiliki anak berjumlah 786.823 jiwa yang merupakan tanggungjawab dan tantangan bagi kita semua dalam mengawal proses pertumbuhan dan perkembangan serta membantu menyelesaikan permasalahannya, sehingga memberikan jaminan akan terpenuhinya hak-hak anak,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Eldi Andi juga menjelaskan sejumlah prestasi yang diraih Jakarta Barat, terkait kerja keras Sudin Kesehatan dan institusi lain dalam upaya menunjang kesejahteraan dan melindungi hak anak. Prestasi tersebut diantaranya, meraih penghargaan Pakarti Utama pada lomba PKK KKBPK Kesehatan tahun 2019 dan penghargaan Kota Layak Anak kategori madya tahun 2019.

“Namun kita tak boleh berpuas diri, karena beragam permasalahan terkait anak tidak hanya masalah kesehatan saja, tapi diperlukan sinergi seluruh komponen lintas sektor lainnya,” tambahnya.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Watini menjelaskan, peringatan HAN Tahun 2019 mengambil tema: optimalisasi layanan tumbuh kembang, tentunya diharapkan tumbuh kembang anak yang optimal akan menghasilkan anak yang sehat dan cerdas.

Peringatan HAN 2019 dan HUT IDAI ke-65 diisi berbagai rangkaian kegiatan, seperti: penilaian puskesmas dengan layanan ramah anak yang diikuti sebanyak 15 puskesmas kecamatan di DKI Jakarta. “Alhamdulillah, 3 wakil puskesmas kita yakni PKC Kalideres, Grogol Petamburan dan Tambora, mendapatkan penghargaan Best Equipment, ditambah puskesmas Kalideres mendapat penghargaan best innovative layanan ramah anak berupa polania (poli anti aniaya) yang menangani kasus bullying, bagi anak sebagai korban atau pelaku secara komprehensif,” jelasnya.

Puncak peringatan HAN dan HUT IDAI ke-65, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Widiastuti, yang disaksikan Wakil Walikota Jakarta Barat, M. Zen, Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi, Kasudin Kesehatan, Kristi Watini dan sejumlah pejabat Pemkot Jakbar lainnya. (why)  




client logo
client logo
client logo
client logo
client logo
client logo